Batal Impor, KAI Beli 24 Rangkaian KRL hingga 2027

Nadya Zahira
26 Juni 2023, 09:49
kai, krl, impor krl
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penumpang KRL Commuterline menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta (30/5).

PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter berencana membeli 24 rangkaian Kereta Rel Listrik atau KRL dari PT Industri Kereta Api atau Inka. Ini untuk pemenuhan kebutuhan kereta hingga 2027.

VP Corporate Secretary Anne Purba mengatakan, KAI Commuter memiliki kontrak kerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 16 rangkaian kereta atau trainset sarana KRL baru. Ini dalam rangka penambahan kapasitas.

Advertisement

Sebanyak 16 rangkaian kereta itu akan dikirimkan secara bertahap pada 2025 - 2026.

Selain itu, KAI Commuter akan mendatangkan delapan rangkaian kereta baru pada 2027. 

"Maka  total 24 trainset baru akan didatangkan dari PT INKA sampai 2027. Ini bentuk dukungan KAI Commuter untuk produksi KRL dalam negeri, yang pastinya akan tumbuh terus," ujar Anne melalui keterangan resmi, dikutip Senin (26/6).

Ia mengatakan KAI Commuter akan melakukan penggantian armada kereta dengan mendatangkan sarana KRL baru tahun depan sebanyak tiga trainset. Selain itu, melakukan retrofit 19 sarana KRL mulai tahun ini. 

Dalam proses seluruh pengadaan sarana KRL tersebut, selain pendanaan dari PT KAI dan KAI Commuter, ada opsi dukungan Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara atau PMN. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement