Startup Pendidikan, Ruangguru Rambah Vietnam dengan Nama Baru

Ruangguru juga meluncurkan program televisi di Vietnam.
Desy Setyowati
29 Oktober 2019, 19:26
Startup pendidikan Indonesia, Ruangguru resmi masuk pasar Vietnam dengan nama Kienguru.
instagram/@belvadevara
Startup pendidikan Indonesia, Ruangguru resmi masuk pasar Vietnam dengan nama Kienguru.

Startup pendidikan Indonesia, Ruangguru resmi masuk pasar Vietnam. Di negara itu, layanan Ruangguru bernama Kienguru.

“Hari ini kami juga meluncurkan program televisi (TV) Kienguru di TV Vietnam yang tidak kalah seru,” kata Pendiri sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara melalui akun Instagram @belvadevara, kemarin (28/10) sore.

Ia pun menggelar konferensi pers terkait kehadiran Ruangguru di Vietnam. “Semoga Ruangguru bisa mendunia  dan membawa nama baik Indonesia,” kata Belva.

Sebenarnya, ia sudah menyampaikan bahwa perusahaannya bakal ekspansi ke luar negeri. “Tahun ini kami akan keluar Indonesia, sebagai unit bisnis dari Ruangguru,” katanya pada Juli lalu.

(Baca: Bicara Soal Unicorn Keenam, Rudiantara Sapa CEO Ruangguru)

Saat itu, ia juga mengisyaratkan perusahaannya bakal mendapat pendanaan tahun ini. Tambahan modal itu rencananya digunakan untuk mengembangkan produk baru dan menambah jumlah Sumber Daya Manusia (SDM).

Alhasil, startup edukasi ini disebut-sebut bakal menjadi unicorn keenam Indonesia. Namun, Belva enggan berkomentar banyak perihal peluang Ruangguru menjadi perusahaan rintisan bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar. “Doakan saja,” kata dia, beberapa waktu lalu (7/10). “Kami tumbuh lumayan cepat.”

Ruangguru terakhir kali mendapat dana segar melalui putaran pendanaan seri B dari UOB Venture Management pada pertengahan 2017 lalu. Startup ini juga memperoleh dana hibah dari Australian Department of Foreign Affairs and Trade dan Atlassian Foundation International, melalui ajang Solve Challenge pada tahun lalu.

(Baca: Rudiantara Isyaratkan Ruangguru Segera jadi Unicorn Baru)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode 2014-2019 Luhut Binsar Pandjaitan sempat mengatakan bahwa SoftBank bakal menanamkan modal di Ruangguru. Namun, Belva juga tidak mau memberi tanggapan mengenai hal itu.

Saat ini, Ruangguru memiliki 15 juta pengguna. Jumlah tersebut meningkat dibanding akhir tahun lalu yang sebanyak 11 juta. Perusahaan rintisan ini juga sudah menggaet 300 ribu guru di Indonesia.

Ia menargetkan, sekitar 52 juta siswa di Indonesia bisa menggunakan layanan Ruangguru. Karena itu, perusahaannya fokus pada pemasaran supaya layanannya lebih dikenal masyarakat. Saat ini, Ruangguru sudah hadir di 32 provinsi di Tanah Air.

(Baca: Disebut Akan Disuntik SoftBank, CEO Ruangguru: Sedang Proses Pendanaan)

Video Pilihan

Artikel Terkait