Ahli IT Bagikan 6 Tips Menghemat Kuota Internet saat Pandemi Corona

Ahli IT membagikan enam tips untuk menghemat kuota internet guna meminimalkan pengeluaran. Ada beberapa fitur pada ponsel maupun aplikasi yang bisa dimaksimalkan.
Cindy Mutia Annur
13 Agustus 2020, 15:32
Ahli IT Bagikan 6 Tips Menghemat Kuota Internet saat Pandemi Corona
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/hp.
Ilustrasi, sejumlah pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan fasilitas perangkat daring "XL Home" di Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (3/8/2020).

Belajar dan bekerja dari rumah mulai menjadi kebiasaan baru masyarakat Indonesia di tengah pandemi corona. Namun, besarnya pengeluaran untuk internet menjadi persoalan tersendiri. Untuk itu, pakar informasi dan teknologi (IT) membagikan enam tips menghemat kuota internet.

Pertama, sebisa mungkin menggunakan fitur video hanya saat dibutuhkan. “Volume kuota internet saat memakai fitur video dan audio akan sangat besar,” kata Peneliti Keamanan Siber dari Indonesia ICT Institute  Heru Sutadi kepada Katadata.co.id, Kamis (13/8).

Kedua, segera meninggalkan konferensi video virtual saat jeda atau selesai. “Ini akan menghemat bandwidth,” ujar dia. Bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam detik atau bit per second (bps), antara server dan klien selama waktu tertentu.

Ketiga, menggunakan platform konferensi video yang hemat bandwidth. Salah satunya Zoom.

Advertisement

Keempat, mengandalkan wifi untuk mengunduh film, konten video maupun memperbarui aplikasi. “Semaksimal mungkin menggunakan wifi,” kata pakar keamanan siber di Vaksincom Alfons Tanujaya.

Kelima, mengaktifkan fitur penghemat data pada ponsel pintar (smartphone). Caranya, klik pengaturan, lalu pilih ‘penghemat data’ dan aktifkan.

Keenam, mengontrol penggunaan data pada masing-masing aplikasi. Di WhatsApp misalnya, menonaktifkan unduh gambar, video, audio otomatis.

Caranya, masuk ke pengaturan, lalu klik ‘penggunaan data dan penyimpanan’. Pada bagian unduh otomatis media, ketuk opsi ‘saat menggunakan data seluler’. Lalu, nonaktifkan semua opsi dan klik OK.

Sedangkan pada aplikasi Netflix, pengguna hanya perlu mengeklik fitur ‘Lainnya’. Lalu pilih ‘penggunaan data seluler’, kemudian nonaktifkan opsi ‘otomatis’ dan klik ‘simpan data’.

Selain itu, pengguna bisa memaksimalkan promosi atau diskon yang diberikan oleh operator seluler.

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait