Saingi GoPay – OVO, KAI Luncurkan Dompet Digital KAIPay

PT KAI merilis KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran di aplikasi KAI Access. Dompet digital ini akan dikembangkan untuk transaksi di mitra penjual hingga transfer uang, seperti GoPay dan OVO.
Desy Setyowati
18 November 2021, 16:25
KAI, dompet digital, KAIPay, gopay, ovo
KAI
KAI meluncurkan KAIPay pada Kamis (18/11/2021)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. Dompet digital ini akan dikembangkan untuk transaksi di mitra penjual (merchant) hingga transfer uang, seperti GoPay, OVO, dan DANA.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat meluncurkan KAIPay di Stasiun Gambir, dikutip dari siaran pers, Kamis (18/11).

Ia mengatakan, KAIPay adalah layanan uang elektronik yang disematkan pada aplikasi KAI Access milik KAI. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menggunakan banyak platform untuk membayar tiket kereta.

Selain membayar tiket kereta api, KAIPay dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, serta berbagai produk dan jasa di aplikasi KAI Access.

Advertisement

KAIPay merupakan hasil kerja sama cobranding antara KAI dengan KasPro. Dompet digital ini juga sudah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia (BI).

Mitra bisnis KAI, PT Pulau Pulau Media juga berperan dalam pengembangan aplikasi KAI Access termasuk KAIPay. Selain itu, menyediakan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya.

Didiek pun menjamin pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay aman. Sebab, setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran.

Selain itu, bebas biaya tambahan lain. Dengan begitu, pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera.

Didiek mengatakan, peluncuran KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan di aplikasi KAI Access. KAIPay akan terus dikembangkan seperti dapat melakukan transfer antar-sesama pengguna hingga pembayaran di merchant yang mendukung kode QR standar atau QRIS.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus memperbarui aplikasi KAI Access minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Langkah selanjutnya yakni:

  • Pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk aktivasi
  • Melengkapi identitas
  • Melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp atau SMS
  • Pelanggan diarahkan membuat PIN KAIPay untuk keamanan transaksi
  • KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran di apliaksi

Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer Virtual Account di beberapa bank dan melalui minimarket. Biaya administrasi Rp 0 selama masa promosi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait