Telkomsel Juara Internet dalam Menonton Video, Tri Unggul di Game

Desy Setyowati
7 Desember 2021, 15:05
telkomsel, tri, game online, internet, indosat
Pexels.com
Ilustrasi bermain game online

Laporan Open Signal menunjukkan, layanan Telkomsel unggul dalam hal pengalaman menonton video. Sedangkan Hutchinson Tri menjadi juara dalam hal bermain game online.

Telkomsel juga unggul dalam hal kecepatan unduh (download) dan unggah (upload), serta pengalaman cakupan jaringan internet generasi keempat (4G). “Telkomsel mengurangi dominasi dalam Pengalaman Game Hutchinson Tri hingga hampir setengahnya sejak laporan terakhir,” kata Open Signal dalam laporan, dikutip Selasa (7/12).

Rincian pengalaman seluler masyarakat di Indonesia pada Desember dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Skor pengalaman menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021
Skor pengalaman menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021 (Open Signal)

 

Pengguna melaporkan peningkatan 0,1 poin dalam hal pengalaman jangkauan 4G. Telkomsel unggul dalam hal ini.

Namun Telkomsel kalah dari Smartfren terkait ketersediaan internet 4G. “Pengguna kami di seluruh jaringan Indonesia mengalami peningkatan dalam proporsi waktu yang mereka habiskan untuk terhubung ke 4G, kecuali Smartfren,” demikian isi laporan.

Sedangkan keunggulan internet Telkomsel dalam menonton video dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Skor pengalaman menonton video menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021
Skor pengalaman menonton video menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021 (Open Signal)

Di Indonesia, Hutchinson Tri menjadi juara dalam hal bermain game online. Rinciannya sebagai berikut:

 

Skor pengalaman bermain game online menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021
Skor pengalaman bermain game online menggunakan internet dari Telkomsel, Hutchinson Tri, Indosat, XL Axiata, dan Smarftren per Desember 2021 (Open Signal)

 

Berdasarkan skor tersebut, pengalaman bermain gim menggunakan internet Hutchinson Tri masuk dalam kategori cukup (65<75). Sedangkan operator lain dinilai lebih rendah.

Open Signal mengukur kondisi jaringan seluler dunia nyata untuk menilai pengalaman bermain game online multi-pemain di berbagai jaringan seluler. Hasilnya, sebagian besar pengguna di jaringan Hutchinson Tri mendapatkan pengalaman rata-rata.

Advertisement

“Hal ini juga menunjukkan bahwa pengalaman bermain game secara umum dapat dikontrol, dengan mayoritas pengguna mendapati penundaan (lag) antara tindakan dan hasil dalam game,” demikian dikutip.

Sebaliknya, skor yang lebih rendah berarti pengalaman pengguna menjadi kurang menyenangkan. Ini disebabkan oleh peningkatan penundaan dan kurangnya kontrol dalam bermain gim.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait