Tiga Alasan Bisnis Sewa iPhone Diminati di Indonesia

Belakangan ini, bisnis sewa iPhone menjadi tren di media sosial. Peneliti gadget menilai ada tiga faktor penyewaan ponsel buatan Apple diminati di Indonesia.
Image title
8 Desember 2021, 12:11
iPhone, Apple, sewa iphone
Apple
iPhone Apple

Belakangan ini, bisnis penyewaan ponsel pintar (smartphone) buatan Apple menjadi tren. Peneliti gadget menilai, ada tiga faktor layanan sewa iPhone diminati di Indonesia.

Pertama, iPhone dikenal sebagai ponsel kelas atas. "Harga iPhone juga tidak murah dan dianggap sebagai bagian dari gaya hidup," kata Peneliti gadget dari Gatorade Lucky Sebastian kepada Katadata.co.id, Rabu (8/12).

Harga iPhone memang relatif mahal dibandingkan ponsel lainnya. iPhone 8 Plus 128GB misalnya, dibanderol sekitar Rp 9 juta. Kemudian iPhone 12 64GB kisaran Rp 12 juta dan iPhone 13 Pro Max 128GB Rp 19 juta.

Brand image juga terbentuk dari media sosial yang banyak menampilkan artis atau selebgram menggunakan iPhone terbaru. "Ini menampilkan kesan, produk iPhone sebagai pencapaian atau keberhasilan," ujarnya.

Menurutnya, para penyewa iPhone ingin bergaya dan diakui sebagai orang yang berhasil. Dalam praktiknya, orang yang menyewa kerap kali memamerkan produk besutan Apple itu sebagai miliknya.

Alasan kedua, fitur iPhone yang beragam dan berbeda dengan ponsel lainnya. Apple mempunyai sistem operasi (OS) sendiri yakni iOS dan toko aplikasi App Store.

Hal tersebut membuat sebagian orang penasaran. "Maka ada yang memanfaatkan penyewaan iPhone ini untuk memuaskan rasa penasaran dan mencari letak keunggulannya," kata Lucky.

Terakhir, kualitas foto dan video yang dihasilkan iPhone. "iPhone terbaru dikenal menghasilkan foto dan video yang cenderung bagus dan berkualitas. Pengoperasiannya juga mudah," ujar dia.

itu membuat sebagian orang menyewa iPhone untuk bepergian atau wisata, membuat tugas hingga membuat proyek foto dan video.

Sewa iPhone pun tren di media sosial. Pengguna Twitter dengan nama akun @txtdarionlshop menampilkan iklan jasa penyewaan iPhone dengan harga murah. 

Sewa iPhone X dan Xr sekitar Rp 140 ribu per 24 jam. Sedangkan varian lainnya seperti iPhone 11 Pro dibanderol Rp 400 ribu per 24 jam.

Di akun tersebut, pemilik usaha jasa sewa iPhone menyediakan layanan itu agar masyarakat tidak perlu membeli iPhone untuk bergaya. "Mau gaya? Bisa sewa iPhone bos. Tidak perlu beli, sewa lebih terjangkau," katanya dikutip dari akun @txtdarionlshop yang diunggah pekan lalu (30/11).

Unggahan jasa sewa iPhone itu ramai komentar. "Kenapa senang sekali terlihat kaya padahal susah," kata pengguna @Kareshiinaiy yang berkomentar di unggahan @txtdarionlshop.

Di Instagram, ada beberapa akun yang menyewakan iPhone. Akun @byebeli misalnya. menawarkan sewa iPhone 7+, iPhone XR, dan iPhone 12 mulai dari Rp 100 ribu per hari.

Akun itu juga menawarkan sewa per bulan mulai dari Rp 1 juta.

Katadata.co.id mencoba untuk menghubungi tim administrasi akun tersebut. Namun, belum ada tanggapan hingga berita ini dirilis.

Akun lain yang menyewakan iPhone yakni @sewa_gadget. Biaya sewa mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 90 ribu per 12 jam.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait