Bumilangit Jual 737 Aset Kripto NFT Karakter Gundala dan Sri Asih

Bumilangit Digital Mediatama meluncurkan NFT karater Gundala dan Sri Asih. Aset kripto ludes dalam dua jam sejak peluncuran.
Image title
21 Desember 2021, 13:48
NFT, Gundala, Sri Asih, bumilangit, kripto
Katadata/Amelia Yesidora
Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih

Bumilangit Digital Mediatama (BLDX) meluncurkan NFT atau non fungible token yang mengangkat dua karakter yakni Gundala dan Sri Asih. Total aset kripto yang dijual yakni 737.

Gundala dan Sri Asih merupakan karakter komik yang dikelola oleh Bumilangit Entertainment. Sedangkan Bumilangit Digital Mediatama (BLDX) merupakan perusahaan patungan (joint venture) milik PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dan Bumilangit Entertainment.

Karakter Gundala diciptakan oleh Hasmi pada 1969 dan dicetak sebagai komik hingga 2000-an. Sedangkan Sri Asih diciptakan oleh RA Kosasih sebagai superhero wanita Indonesia pertama pada 1954.

BLDX meluncurkan NFT Gundala dan Sri Asih karena animo penggemar terhadap kedua karakter superhero Indonesia ini cukup tinggi. Seluruh NFT pun terjual habis dalam dua jam sejak peluncuran.

CNN melaporkan, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game dalam format JPEG, PNG, MP4, dan lainnya. Aset digital ini tidak dapat digandakan atau diganti.

NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya. Dengan begitu, karya ini bisa diverifikasi keasliannya dan dapat diperdagangkan melalui blockchain.

Bumilangit menawarkan 10 set NFT karakter Gundala dan Sri Asih secara bertahap yaitu satu set setiap dua minggu. Total ada 737 NFT yang dijual, yakni 356 Gundala dan 381 Sri Asih. 

Pada hari ini, ada 101 NFT yang dijual, terdiri dari 46 Gundala dan 55 Sri Asih. Dalam set pertama ini, karakter keduanya digambarkan dengan gaya klasik, sesuai versi awal karakter diciptakan.

Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih
Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih (Katadata/Amelia Yesidora)

NFT yang ditawarkan berupa limited short animation atau animasi singkat dengan durasi dua detik. Masing-masing NFT ini dijual 0.02 ETH atau setara Rp 1.146.000 (kurs 1 ETH = Rp 57,3 juta) di marketplace Opensea.

Nantinya, pengoleksi aset kripto dari Bumilangit tahap pertama diperbolehkan mengikuti bidding pada 5 Maret 2022 untuk membeli NFT Animated singkat edisi terbatas. Ini hanya lima per karakter.

Selanjutnya, pemilik lima NFT Animated singkat itu bisa ikut dalam bidding 6 April 2022 untuk merebutkan satu NFT Animated berdurasi 15 detik.

CEO PT Digital Mediatama Budiasto Kusuma menjelaskan, peluncuran NFT bertujuan menggaet konsumen muda di Indonesia. Sebab, populasi ini dinilai lebih mudah mengadopsi produk digital, sehingga menjadi peluang besar bagi kreator lokal.

“Penggunaan karakter Bumilangit dalam bentuk NFT menjadi bukti bahwa karya bangsa Indonesia dapat beradaptasi dengan teknologi terbaru. Ini adalah pelestari aset bangsa untuk diamankan sebagai aset digital masa kini,” kata Budiasto.

Dalam jangka panjang, pemilik NFT Bumilangit akan memiliki privilese khusus di ekosistem Bumilangit. Beberapa di antaranya undangan premiere film layar lebar Bumilangit dan pertemuan dengan pemain film Bumilangit. 

 

Reporter: Amelia Yesidora
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait