Survei KIC: Gen Z dan Milenial Pakai Paylater untuk Belanja Busana

Survei KIC dan Zigi menunjukkan, hampir 14% gen Z dan milenial menggunakan paylater. Produk yang paling banyak dibeli yakni fashion.
Desy Setyowati
13 Januari 2022, 17:28
paylater, gopaylater, traveloka paylater, shopee paylater
Traveloka
Ilustrasi paylater

Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi menunjukkan, metode pembayaran paylater atau beli sekarang bayar kemudian mulai menjadi pilihan generasi atau gen Z dan milenial. Produk yang dibeli yakni busana, pulsa, dan gadget.

Berdasarkan survei terhadap 5.204 responden, dompet digital seperti GoPay, OVO, ShopeePay, DANA dan LinkAja, menjadi pilihan utama untuk pembayaran yakni 67,8%. Disusul oleh ATM bank (51,1%) dan rekening bank konvensional (38,1%).

“Rekening bank digital digunakan oleh 24,3% responden,” demikian isi laporan bertajuk Perilaku Keuangan Gen Z dan Y, Kamis (13/1). Rincian angkanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Produk keuangan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021
Produk keuangan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2021 (KIC dan Zigi)

Responden yang disurvei tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021. Responden mayoritas Gen Z dan Gen Y. Sebanyak 55% Gen Y, 32,5% Gen Z, 12% Gen X, dan 0,5% Baby Boomer.

Advertisement

Gen Z merupakan generasi yang lahir pada 1995 – 2010. Sedangkan generasi Y atau biasa disebut milenial, lahir sekitar 1980 - 1995.

Laporan tersebut menunjukkan, 13,8% responden pernah menggunakan fasilitas kredit dan paylater. Secara rinci 16,5% milenail sempat memakai layanan ini. Sedangkan gen Z hanya 9,7%.

Sebanyak 49% generasi millenial menggunakan kredit atau paylater untuk membeli ponsel pintar (smartphone). Lalu fashion (46,4%), pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).

Sedangkan mayoritas (61%) sen Z menggunakan kredit atau paylater untuk membeli kebutuhan fashion. Selain itu, pulsa (56,6%), gadget, dan elektronik.

“Pada Gen Z, selain fashion, tampaknya kebutuhkan komunikasi menjadi prioritas dan paling banyak menyedot keuangan. Ini terlihat dari uraian kebutuhan rutin bulanan generasi ini,” ujar Manajer Riset KIC Vivi Zabkie.

[Baca Survei Lengkap KIC di sini: https://zigi.id/perilakukeuangangenz]

Riset Dailysocial bertajuk Fintech Report 2021: The Convergence of (Digital) Financial Services menunjukkan, Spaylater atau dikenal Shopee Paylater memimpin. Persentase jumlah penggunanya 78,4% dari total responden 509.

Disusul oleh GoPaylater (33,8%), Kredivo (23,2%), Akulaku (20,4%), Traveloka Paylater (8,6%), Indodana (3,3%), Home Credit (2,8%), dan lainnya (0,4%).

Shopee Paylater juga menjadi platform yang paling dikenal. Rincian datanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Jumlah pengguna, frekuensi penggunaan, dan tingkat kesadaran layanan paylater pada 2021
Jumlah pengguna, frekuensi penggunaan, dan tingkat kesadaran layanan paylater pada 2021 (Dailysocial)

“Shopee Paylater memperluas popularitas dalam setahun terakhir berkat promo merchant yang agresif. Platform ini pun melampaui pemain incumbent seperti GoPayLater, Kredivo, Akulaku, dan Traveloka Paylater,” demikian isi laporan Dailysocial.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait