Gozhali Cuan Berkat Foto Selfie, OpenSea Diwarnai NFT Bakso – KTP RI

Ghozali Everyday meraup Rp 1,5 miliar dari penjualan NFT foto selfie. Kini, OpenSea diwarnai aset digital berupa foto bakso hingga KTP.
Desy Setyowati
16 Januari 2022, 13:43
OpenSea, nft, ktp, Ghozali Everyday, foto selfie
OpenSea
OpenSea diwarnai NFT KTP hingga bakso

Ghozali Everyday meraup Rp 1,5 miliar dari penjualan NFT atau non fungibel token berupa foto diri (selfie). Warga Indonesia pun mengikuti langkah pria dengan nama asli Sultan Gustaf Al Ghozali itu dengan menjual NFT berupa foto bakso hingga Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berdasarkan penelusuran di marketplace aset digital OpenSea, pengguna dengan nama akun Bakso Destroyer menjual dua NFT berupa foto seseorang memakan bakso. Namun volume perdagangannya masih nol.

Akun dengan nama Mangkok Abis Makan Bakso juga menjual NFT berupa foto bakso. Harga aset digital ini 0,1 ethereum. Berdasarkan data Coinmarketcap, harga ethereum Rp 47,6 juta per koin per Pukul 13.29 WIB.

Advertisement

Ada juga akun bernama KTPIN yang menjual NFT berupa potongan gambar KTP. Foto ini berisi nomor KTP tanpa data lainnya.

Pengguna lainnya dengan nama akun Papaqeela juga menjual NFT berupa gambar belakang KTP. Aset digital ini dibanderol 0,5 ethereum.

OpenSea dan NFT memang menjadi perbincangan publik setelah Ghozali Everyday meraup miliaran rupiah berkat menjual aset digital berupa foto selfie. Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini mengunggah 933 foto di OpenSea.

Ia mengambil foto selfie setiap hari dalam lima tahun terakhir. Kemudian, kumpulan foto tersebut ia unggah di OpenSea bulan lalu.

“Awalnya berpikir, mungkin lucu kalau ada kolektor yang punya (foto) saya," kata Ghozali di Semarang, dikutip dari Antara, akhir pekan lalu (13/1).

Foto-foto tersebut ia ambil sejak lulus SMK hingga kuliah semester 7 di Udinus. Ia bercerita, dirinya mengambil swafoto selama lima tahun terakhir, karena terinspirasi membuat karya animasi timelapse.

Kumpulan foto itu ia unggah di OpenSea dan dipromosikan oleh komunitas NFT Indonesia. "Harga awal yang saya tawarkan sekitar US$ 3 per NFT," ujar dia.

Koki selebritas Arnold Purnono atau yang lebih dikenal dengan Chef Arnold dan selebgram Reza Arab pun mengaku menjadi pembeli NFT Ghozali.

Ghozali menyampaikan, nilai jual 932 NFT foto selfie dirinya di OpenSea mencapai Rp 12 miliar. Ia mendapatkan 10% dari hasil penjualan atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Uang hasil penjualan NFT foto selfie itu akan diinvestasikan untuk mewujudkan impiannya. Pemuda 22 tahun ini ingin bekerja di studio animasi, lalu memiliki perusahaan sendiri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait