Spesifikasi Laptop Gaming ASUS ROG Strix SCAR Edisi Khusus E-sports

ASUS meluncurkan laptop gaming OG Strix SCAR edisi spesial. Gawai ini dilengkapi dengan mesin hingga layar yang diklaim dapat mendukung pemain e-sports.
Lenny Septiani
2 September 2022, 18:29
ASUS ROG Strix SCAR 17 SE, asus, laptop gaming
ASUS
ASUS ROG Strix SCAR 17 SE

ASUS meluncurkan ROG Strix SCAR edisi spesial (G733C). Laptop gaming ini diklaim paling bertenaga karena didukung oleh CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX.

“Selain dibekali hardware paling bertenaga, laptop ini dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang menjamin pengalaman terbaik sekelas PC desktop,” kata ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin dalam keterangan pers, Jumat (2/9).

Ia mengklaim, ROG Strix SCAR 17 Special Edition dapat digunakan dalam setiap pertandingan e-sports. Sebab, laptop gaming ini didukung oleh mesin sebagai berikut:

  • CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX yang menggunakan konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) dan 24 thread, serta sudah ditingkatkan performanya
  • CPU itu memiliki base power 65W dan performance-core yang dapat berjalan di frekuensi hingga 5,2GHz
  • CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX di ROG Strix SCAR 17 Special Edition dapat ditingkatkan performanya melalui Manual Mode di aplikasi Armoury Crate. Ini membuat CPU dapat berjalan meski daya hanya 175W.
  • ROG Strix SCAR 17 Special Edition dilengkapi dengan GPU powerful yaitu NVIDIA GeForce RTX 3080Ti
  • GeForce RTX 3080Ti di ROG Strix SCAR 17 Special Edition telah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W melalui Dynamic Boost. Alhasil, dapat menjalankan semua gim PC dengan baik meski resolusi tinggi.

Jimmy Lin mengklaim bahwa spesifikasi tersebut memungkinkan pengguna bermain gim, layaknya bermain e-sports. Performanya juga membuat ROG Strix SCAR 17 Special Edition tampil menyerupai PC desktop.

Advertisement

Layar laptop gaming itu beresolusi QHD (2560 x 1440) dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms. Layar ini didukung oleh teknologi Dolby Vision serta Adaptive Sync yang diklaim membuat pengalaman bermain gim tanpa efek stuttering dan tearing.

Dari sisi penyimpanan, ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition menggunakan memori DDR5 4800MHz. Kapasitasnya dapat ditingkatkan hingga 64GB.

Penyimpanannya mengandalkan NVMe PCIe Gen4 SSD yang dapat dikonfigurasikan secara RAID 0 untuk performa maksimal.

Laptop gaming itu juga dibekali dengan MUX Switch. Selain itu, ada konektivitas modern mulai dari WiFi 6E hingga Thunderbolt 4.

Hal itu dapat membantu gamer terhubung ke jaringan internet tanpa gangguan. Selain itu, memastikan semua perangkat pendukung dapat terhubung tanpa masalah ke ROG Strix SCAR 17 Special Edition.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan fitur dari sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Salah satunya yaitu penggunaan liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme. Ini menghadirkan suhu operasional hingga 15˚C dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon.

Sistem pendingin ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan vapor chamber untuk mendinginkan semua komponen pada laptop.

Vapor chamber tersebut melapisi 48,8% bagian mainboard ROG Strix SCAR 17 Special Edition. Ini memungkinkan proses pendinginan untuk setiap komponen mulai dari CPU, GPU, VRM, VRAM dapat berjalan secara optimal.

Vapor champber terhubung langsung dengan heatsink berbahan tembaga yang dirancang secara presisi agar dapat melepaskan panas secara optimal. Pelepasan panas juga dibantu oleh dua kipas Arc Flow.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition dilengkapi fitur “invisible ink” yang diukir pada bodi. Invisible ink ini hanya dapat terlihat ketika bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition terpapar sinar UV.

Tampilan invisible ink di bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga didesain khusus dan memiliki petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner, yang ada di dalam gim ROG Citadel XV. Game ini tersedia gratis di Steam.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait