Shopee PHK Karyawan di Indonesia

Shopee melakukan PHK di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan e-commerce ini melakukan efisiensi di negara lain.
Desy Setyowati
19 September 2022, 10:58
phk, Shopee
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK karyawan. Upaya efisiensi ini dilakukan menyusul langkah serupa yang sebelumnya dilakukan Sea Ltd sebagai induk Shopee di sejumlah negara.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menyampaikan, keputusan itu merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh. Sebelumnya, perusahaan melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan keputusan yang sangat sulit,” kata Radynal dalam keterangan pers, Senin (19/9).

Ia menjelaskan, langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan. Keduanya merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Advertisement

“Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri dan berkelanjutan. Kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan stabil di situasi ekonomi saat ini,” tambahnya.

Namun, Shopee berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi karyawan yang di-PHK. “Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah,” ujar dia.

Bantuan yang dimaksud yakni:

  1. Karyawan yang terkena dampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan satu bulan gaji
  2. Masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan erusahaan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Shopee Indonesia juga memastikan bahwa langkah tersebut tidak akan memengaruhi operasi bisnis dan layanan kepada seluruh penjual, pembeli, dan mitra.

E-commerce asal Singapura itu melayani jutaan pembeli dan penjual, termasuk UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten di Tanah Air. “Pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen dari Shopee Team,” ujar dia.

“Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh Shopee Team sejauh ini,” tambah dia.

Shopee Indonesia juga tetap berkomitmen untuk terus menjalankan program bagi UMKM, melalui sembilan Kampus UMKM Shopee. “Kami akan terus melanjutkan misi melayani jutaan penjual, pembeli dan UMKM,” katanya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait