Nielsen Bongkar Strategi Vidio Unggul dari Netflix dan Disney+ di RI

Lenny Septiani
8 Desember 2022, 17:08
Vidio, netflix, disney+,
Vidio.com
Vidio.com

Vidio unggul dibandingkan Netflix dan Disney+ Hotstar di Indonesia dari sisi penggunaan. Nielsen menyampaikan, platform milik konglomerat Elang Mahkota Teknologi (Emtek) ini ‘menang’ berkat konten lokal.

Berdasarkan laman resmi Media Partners Asia (MPA), Vidio memimpin dari sisi konsumsi video premium di Indonesia. Namun MPA tidak memerinci jumlah tayangnya.

Jumlah pelanggan (subscribers) Vidio 3,5 juta pada kuartal II atau memecahkan rekor perusahaan secara kuartalan. Namun jumlahnya masih di bawah Disney+ 8,5 juta.

Vidio merupakan unit usaha di bawah Surya Citra Media (SCM). Perusahaan ini mendanai hampir 40 seri asli setahun. Jumlahnya melebihi gabungan seri yang didanai oleh Netflix hingga Disney+ di Indonesia.

Laporan Nielsen Streaming Content Ratings juga menunjukkan bahwa Vidio pun unggul. “Vidio menjadi over the top (OTT) dengan jangkauan tertinggi di luar YouTube,” kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina di kantor Nielsen, Kamis (8/12).

Itu berdasarkan survei terhadap 3.700 usia 10 tahun lebih di 11 kota besar di Indonesia. Penelitian dilakukan selama Juni - Agustus.

Peringkat platform streaming video atau OTT di Indonesia berdasarkan tingkat penggunaan di Indonesia, yakni:

  1. Vidio
  2. Disney+ Hotstar
  3. Netflix
  4. Viu
  5. RCTI+
  6. iQiyi
  7. Vision+

Konten yang paling banyak ditonton di masing-masing platform sebagai berikut:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...