Perbandingan Jenis Konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID hingga Lazada
Konsumen di Indonesia mayoritas bertransaksi di lebih dari satu platform, menurut laporan Jakpat. Namun hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan.
“Secara umum, transaksi rata-rata pengguna selama semester II 2022 Rp 475.810 dalam sebulan. Segmen yang berbelanja lebih dari nilai ini yakni laki-laki, gen X, dan milenial,” demikian dikutip dari laporan Jakpat, Selasa (28/3).
Berikut perbandingan demografi konsumen JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli di Indonesia:
Data tersebut berdasarkan survei terhadap 1.486 pelanggan e-commerce selama Agustus – Desember 2022. Tingkat kesalahan atau margin of error 5%.
Berdasarkan data itu, hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan (56%). Sedangkan yang lainnya laki-laki yakni:
- JD.ID didominasi oleh pelanggan laki-laki (55%)
- Blibli (53%)
- Tokopedia (58%)
- Lazada (55%)
- Bukalapak (70%)
Milenial mendominasi jumlah pelanggan di keenam e-commerce itu.