Riset: Konsumen TikTok Indonesia Kurangi Belanja di Shopee dan Lazada

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 10:20
TikTok, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee

Konsumen TikTok di Indonesia, Thailand, dan Filipina mengurangi belanja di Shopee 51%, Lazada 45%, dan offline 38% menurut survei Cube Asia. TikTok memang menargetkan menjadi yang terdepan di Tanah Air.

Cube Asia merupakan perusahaan yang menyediakan insights terkait e-commerce.

Data internal TikTok yang diperoleh The Information menunjukkan, nilai transaksi bruto alias gross merchandise value (GMV) meroket lebih dari empat kali lipat menjadi US$ 4,4 miliar di Asia Tenggara pada 2022.

“TikTok Shop dilaporkan menargetkan GMV US$ 12 miliar tahun ini,” demikian isi data internal yang diperoleh The Information dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (26/5).

Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro mengatakan dalam acara di Jakarta, dua pekan lalu (16/5), bahwa produk yang paling populer di TikTok Shop yakni:

  • Fashion
  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Elektronik
  • Kuliner

Meski begitu, GMV TikTok Shop masih jauh di bawah Shopee dan Lazada. Nilai transaksi Shopee US$ 73,5 miliar sepanjang tahun lalu, sedangkan Lazada US$ 21 miliar per September 2021.

Berdasarkan data dari firma analitik web Similarweb, Shopee menjadi e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Pangsa pasarnya 30% - 50% di seluruh wilayah dalam tiga bulan terakhir, sedangkan Lazada menempati posisi kedua dengan 10% - 30%.

“TikTok terus berkembang pesat di negara-negara Asia Tenggara. Kami memperkirakan bahwa GMV TikTok tahun ini akan mencapai 20% dari Shopee,” kata Shawn Yang, analis di Blue Lotus Research Institute.

“Shopee secara defensif meningkatkan penjualan dan pemasaran sejak April,” Shawn Yang menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...