TikTok Shop Ditutup Sore Ini, Bagaimana Nasib Barang yang Dipesan?
TikTok Shop akan tutup mulai hari ini (4/10) Pukul 17.00 WIB. Bagaimana nasib pesanan yang sudah terlanjur di pesan?
Perusahaan asal Cina itu menegaskan, penjual wajib memproses setiap pesanan yang belum terselesaikan. Selain itu, memastikan pesanan diserahkan kepada mitra logistik untuk proses pengiriman.
“Pesanan apa pun yang tidak dikirimkan paling lambat 5 November akan dibatalkan secara otomatis oleh TikTok Shop Indonesia,” kata TikTok Shop melalui laman resmi dikutip Rabu (4/10).
“TikTok Shop berupaya menyediakan pengalaman belanja yang positif bagi semua pelanggan,” TikTok menambahkan. “Proses pengiriman dan pengantaran yang andal sangatlah penting untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan.”
Proses pemenuhan pesanan TikTok Shop:
- Mengonfirmasi pesanan
Proses pengiriman dan pemenuhan pesanan dimulai ketika pelanggan membuat pesanan. Setelah menerima pesanan, penjual harus meninjau inventaris untuk memastikan barang yang dipesan tersedia dan dapat dijual.
Jika penjual tidak dapat memenuhi pesanan, penjual harus mengikuti langkah yang ditetapkan dalam Pedoman Pembatalan, Pengembalian, dan Pengembalian Dana untuk Pesanan Pelanggan TikTok Shop untuk membatalkan pesanan.
Penjual dapat memantau semua pemenuhan pesanan yang tertunda melalui Pusat Penjual.
- Mengemas pesanan
“Penjual harus mengemas semua pesanan dengan hati-hati demi meminimalkan risiko kerusakan selama pengiriman,” kata TikTok. Penjual juga harus mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang berlaku mengenai bahan kemasan produk.
- Melabeli pesanan
Semua paket harus memiliki label pengiriman yang ditempelkan dengan aman pada paket untuk memudahkan proses pengiriman yang lancar. Label mencakup informasi penting seperti:
- Nama dan alamat pos lengkap pelanggan, termasuk kode zip atau kode pos
- Nomor pesanan pelanggan
- Nama dan alamat lengkap penjual
- Menyerahkan paket kepada kurir
Penjual harus memastikan paket mereka diambil oleh penyedia logistik terkait.
- Meninjau status pengantaran
Penjual harus memantau informasi dan status paket yang dalam pengiriman di Seller Center. Status pesanan akan diperbarui menjadi ‘Terkirim’ setelah kurir menyelesaikan pengiriman dan memperbarui status paket.
Selain memenuhi pesanan, penjual harus berupaya menghindari penyerahan pesanan yang terlambat agar menghindari pembatalan otomatis pada platform.
Pembatalan otomatis platform TikTok Shop berfungsi untuk membatalkan pesanan dan mengembalikan dana pembeli jika penjual terlambat menyerahkan pesanan mereka secara otomatis.
Terdapat dua syarat pembatalan otomatis pada TikTok Shop, yakni: