Ranch Market dan Farmers Market Pakai Teknologi AI di Toko

Lenny Septiani
15 Januari 2024, 16:36
Supra Boga Lestari, Ranch Market, Farmers Market, ai,
ranchmarket99id / Instagram
Supra Boga Lestari, berencana menambah empat gerai Ranch Market dan Farmers Market tahun ini.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Anak usaha Blibli yakni Supra Boga Lestari yang menaungi toko ritel Ranch Market dan Farmers Market menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Perusahaan menggandeng startup marketing GetPlus.

Ranch Market dan Farmers Market akan menggunakan iklan dalam store berbasis AI ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Chief of Merchandising and Marketing Officer Supra Boga Lestari Maria Suwarni mengatakan iklan personalisasi berbasis AI itu akan memberikan saran iklan spesifik kepada konsumen.

“Ini akan mendatangkan revenue. Kami mengharapkan return yang cukup baik,” kata Maria dalam acara Konferensi pers: GPI Meluncurkan Retail Media Network Berbasis AI Pertama di Indonesia, di Jakarta, Senin (15/1).

Teknologi iklan itu akan dikelola oleh startup marketing GetPlus melalui layanan Retail Media Network berbasis Al. Produk ini menawarkan iklan berteknologi AI dengan first party data yang akan menampilkan iklan dipersonalisasi secara real time dan terukur.

"Kami menawarkan Retail Media Network yang dapat menciptakan audiens yang sesuai dengan menggunakan data pihak pertama,” kata Co-Founder & COO sekaligus CMO GetPlus Indonesia Adrian Hoon.

Iklan berbasis AI itu diklaim memungkinkan brand menargetkan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat di lokasi yang juga tepat. Dengan begitu, dapat menghasilkan Return on Ad Spend alias ROAS optimal.

Iklan berbasis AI di toko ritel itu dalam bentuk layar yang dilengkapi dengan kamera untuk mendeteksi wajah konsumen yang berada di dekat layar. Setelah mendeteksi wajah konsumen, layar akan menampilkan rekomendasi produk yang cocok atau dipersonalisasi.

Adrian menjelaskan, teknologi itu masih baru dengan tingkat akurasi sekitar 70%. Ia berharap, tingkat akurasi teknologi ini akan naik seiring waktu.

"Misi kami di GetPlus yakni bekerja dengan mitra ritel dan merek untuk sepenuhnya mengelola strategi loyalitas, mengidentifikasi wawasan dan tren pelanggan utama, memaksimalkan ROl pemasaran untuk meningkatkan penjualan,” katanya.

GetPlus Retail Media Network akan diterapkan di jaringan ritel Supra Boga Lestari, tepatnya di Ranch Market Grand Indonesia dan Farmers Market Summarecon Mall Kelapa Gading.

Adrian mengatakan, perusahaan akan bekerja sama dengan lebih banyak toko ritel untuk mengimplementasikan teknologi iklan berbasis Al ini.

Dalam lanskap ritel yang dinamis saat ini, pelaku industri membutuhkan solusi yang melebihi periklanan tradisional dan dapat diukur efektivitasnya. Teknologi ini juga diharapkan berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem industri ritel di Indonesia.

Andrian menyampaikan, GetPlus membangun, mengembangkan, dan memperkuat hubungan mitra dengan pelanggan dengan kemampuan digital, data, dan analitik perusahaan. 

GetPlus membangun teknologi itu dibantu oleh teknologi dari AWL.Inc Jepang.

President Representative Director and CEO AWL.Inc Muneharu Kitade mengatakan teknologi itu mampu mengenali wajah, usia, jenis kelamin hingga durasi pelanggan melihat iklan video secara real-time dan akurat. 

“Maka, dapat memberikan wawasan mendalam tentang demografi dan perilaku pelanggan yang terukur,” katanya.

Teknologi AWL itu diterapkan luas oleh berbagai global modern ritel, termasuk AEON, Lawson, Family Mart.



Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...