Perbandingan Jenis Konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID hingga Lazada

Lenny Septiani
28 Maret 2023, 12:47
Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, lazada
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak

Konsumen di Indonesia mayoritas bertransaksi di lebih dari satu platform, menurut laporan Jakpat. Namun hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan.

“Secara umum, transaksi rata-rata pengguna selama semester II 2022 Rp 475.810 dalam sebulan. Segmen yang berbelanja lebih dari nilai ini yakni laki-laki, gen X, dan milenial,” demikian dikutip dari laporan Jakpat, Selasa (28/3).

Berikut perbandingan demografi konsumen JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli di Indonesia:

Perbandingan demografi konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dan Blibli selama Semester II 2022
Perbandingan demografi konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dan Blibli selama Semester II 2022 (Jakpat)

Data tersebut berdasarkan survei terhadap 1.486 pelanggan e-commerce selama Agustus – Desember 2022. Tingkat kesalahan atau margin of error 5%.

Berdasarkan data itu, hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan (56%). Sedangkan yang lainnya laki-laki yakni:

  • JD.ID didominasi oleh pelanggan laki-laki (55%)
  • Blibli (53%)
  • Tokopedia (58%)
  • Lazada (55%)
  • Bukalapak (70%)

Milenial mendominasi jumlah pelanggan di keenam e-commerce itu.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...