Perbandingan Transaksi Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak

Desy Setyowati
3 April 2023, 14:52
Bukalapak, Blibli, TikTok, Tokopedia, Shopee,
Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Blibli, TikTok, Tokopedia, Shopee

Induk Shopee yakni Sea Ltd, GoTo Gojek Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli telah mengumumkan laporan keuangan 2022. Bagaimana perbandingan transaksi keempat e-commerce ini?

Laporan kinerja PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli selama 2022 sebagai berikut:

  • Pendapatan bersih naik 72% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 15,27 triliun, yang terdiri dari:
  1. Segmen Ritel 1P atau Business to Consumer (B2C) naik 32,05% menjadi Rp 8,9 triliun
  2. Segmen Ritel 3P atau kerja sama dengan brand prisipal dan menjual ke pihak ketiga, naik menjadi Rp 199 miliar
  3. Segmen institusi naik 137% menjadi Rp 2,62 triliun
  4. Segmen toko fisik naik 298% menjadi Rp 3,55 triliun
  • Total Processing Value (TPV) naik 89,47% menjadi Rp 61,4 triliun, yang terdiri dari:
  1. Segmen Ritel 1P naik 32,36% menjadi Rp 9,94 triliun
  2. Segmen Ritel 3P naik 135% menjadi Rp 37,05 triliun
  3. Segmen institusi naik 28% menjadi Rp 10,43 triliun
  4. Segmen toko fisik naik 302% menjadi Rp 3,97 triliun
  • Laba bruto perseroan meningkat 111% menjadi Rp 1,22 triliun
  • Rugi usaha Blibli Rp 5 triliun
  • Kas dan setara kas Blibli per 31 Desember 2022 Rp3,07 triliun
  • Aset Rp 14,08 triliun
  • Liabilitas Rp 3,6 triliun

Sedangkan laporan kinerja Bukalapak sepanjang tahun lalu yakni:

  • Laba bersih naik 218% Rp 1,98 triliun atau membaik dibandingkan 2021 merugi Rp 1,67 triliun
  • Pendapatan naik 70% menjadi Rp 3,6 triliun, terdiri dari:
  1. Mitra warung dan agen naik 141% menjadi Rp 1,97 triliun
  2. Marketplace naik 69% menjadi Rp 1,62 triliun
  • EBITDA naik 219% menjadi Rp 1,85 triliun
  • TPV tumbuh 25% menjadi Rp 154 triliun, yang terdiri dari:
  1. TPV Mitra warung dan agen naik 31% menjadi Rp 73,6 triliun
  2. TPV marketplace naik 21% menjadi Rp 80 triliun

Sedangkan kinerja Tokopedia tahun lalu yakni:

  • GTV naik 18% menjadi Rp 273,1 triliun
  • Pendapatan bruto naik 38% menjadi Rp 8,6 triliun

Lalu kinerja Shopee yakni:

  • Pendapatan GAAP naik 42,3% menjadi US$ 7,3 miliar
  • EBITDA yang disesuaikan naik dari minus US$ 2,6 miliar pada 2021 menjadi negatif US$ 1,7 miliar
  • Pesanan bruto naik 23,7% menjadi 7,6 miliar
  • GMV naik 17,6% menjadi US$ 73,5 miliar atau sekitar Rp 1.167 triliun

Dari data tersebut, perbandingan GMV, TPV dan GTV Bukalapak, Shopee, Blibli, dan Tokopedia sebagai berikut:

  • GMV Shopee Rp 1.167 triliun di 10 negara
  • GTV Tokopedia Rp 273,1 triliun di Indonesia
  • TPV marketplace Bukalapak Rp 80 triliun di Indonesia
  • TPV B2C dan brand Blibli Rp 46,99 triliun

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...