Produk UMKM Jadi Incaran Konsumen saat Kampanye Shopee 11.11 Big Sale
Kampanye Shopee 11.11 Big Sale telah ditutup pada Sabtu (11/11). Kampanye ini menunjukkan tren belanja konsumen dan barang-barang apa saja yang paling banyak diburu selama program promo tersebut berlangsung. Mayoritas barang yang terjual adalah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pemilik brand lokal.
Data menunjukkan, penjualan di masing-masing wilayah memiliki kategori barang favorit yang berbeda-beda.
- Di Sumatra, minyak telon, popok bayi, dan kaus anak menjadi produk yang paling banyak dibeli. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk kategori ibu dan anak menjadi barang yang paling dibutuhkan saat kampanye berlangsung.
- Berlanjut ke Jawa, terlihat konsumen banyak membeli body lotion dan pelembab wajah dari brand Namun pada sisi lain, pencarian produk smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.
- Berbeda dengan di Bali, konsumen memburu produk yang kerap digunakan untuk melaksanakan upacara adat, seperti kebaya. Selain itu, di destinasi wisata ini banyak konsumen yang membeli kacamata hitam dan tabir surya.
- Peralihan menuju musim hujan di Kalimantan membuat sebagian besar konsumen mengincar jas hujan, jaket, serta
- Sementara itu, di Sulawesi produk kebutuhan rumah tangga seperti kipas angin, lampu neon, panci, dan wajan menjadi yang paling banyak dibeli.
- Di Papua, produk fesyen dan aksesori seperti celana kargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple menjadi produk favorit masyarakat.
Kampanye Shopee 11.11 Big Sale menciptakan peluang bagi pemilik brand lokal dan UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Kampanye ini mencatat peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat dibanding hari biasa.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, Shopee 11.11 Big Sale bukan hanya kampanye tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan dari Shopee untuk memberikan eksposur kepada produk-produk lokal.
“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/11).
Monica merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal. Hal ini menjadi dorongan bagi Shopee untuk terus berinovasi dan memperkuat koneksi antara penjual dengan pembeli.
Selain kampanye yang telah berlangsung, dukungan bagi para penjual juga dilakukan dalam bentuk program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee. Program ini menjadi salah satu strategi yang membantu pengusaha lokal memperluas bisnisnya ke pasar luar negeri.
Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik brand lokal dan UMKM. Saat kampanye Shopee 11.11 Big Sale berlangsung, peningkatan pesanan dari luar negeri meningkat hingga lebih dari empat kali lipat.