YouTube Shopping Resmi Hadir di Indonesia, Perdana di Asia Tenggara

Amelia Yesidora
18 September 2024, 21:45
YouTube, shopee, youtube shoppong
Pexels
YouTube
Button AI Summarize

YouTube resmi merilis YouTube Shopping di Indonesia hari ini, Rabu (18/9). Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang mencoba fitur ini, setelah lebih dahulu rilis di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Dalam tahap awal, YouTube menggandeng Shopee sebagai mitra perdana di Indonesia. Kreator konten bisa mendapat pemasukan tambahan dengan YouTube Shopping dengan fitur afiliasi yang mirip di platform e-commerce lainnya.

Nantinya kreator bisa menautkan produk yang disematkan di video YouTube mereka. Bila ada produk terjual dari tautan itu, kreator mendapat komisi.

"Konten kreator mendapat uang dari penjualan produk dan mendapat jangkauan lebih luas di pasar, berpotensi menambah pendapatan adsense serta berpeluang mendapat kesepakatan dari brand,” ujar General Manager dan Vice President Shopping, YouTube, Travis Katz, secara virtual dalam acara peluncuran YouTube Shopping di Indonesia, Jakarta, Selasa, (17/9).

Fitur ini berlaku di semua format video YouTube, mulai dari YouTube Shorts dan video panjang biasa. Kreator konten juga bisa memunculkan tautan produk sesuai pada waktu produk tampil dalam video. Nantinya penonton bakal langsung dialihkan ke Shopee sebagai platform rekanan YouTube Shopping.

YouTube Shopping bakal tersedia bagi semua kreator yang memenuhi syarat Program Partner YouTube atau YPP.  Salah satu syaratnya adalah minimal subscriber 10 ribu. Kemudian akun yang didaftarkan bukan channel musik atau terkait mitra musik: label, distributor, atau penerbit.

 "Ini menjadi dasar kami paham kreator mana yang konsisten, berinteraksi dengan penonton, dan bertanggungjawab sehingga bisa memonetisasi videonya,” kata Regional Director Asia Pacific YouTube, Ajay Vidyasagar dalam kesempatan serupa.

Menanggapi kemitraan ini, Senior Director Marketing Growth Shopee Indonesia Monika Vionna mengaku sangat bersemangat. Shopee siap mendukung kreator dan penjual agar produknya bisa masuk dalam konten YouTube.

“Kami juga kadang memberikan komisi atau promosi tertentu supaya mereka juga makin giat memberikan konten-konten yang lebih bagus lagi kepada viewers-viewers kita,” kata Monika.

Fitur belanja di YouTube sebenarnya sudah hadir sejak 2018 lalu. Sejak 2022, YouTube berkejasama dengan platform Shopify agar fitur ini berkembang. Adapun fitur YouTube Shopping ini bakal hadir di Thailand dan Vietnam beberapa minggu ke depan.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...