Riset: TikTok Shop dan Shopee Kuasai Pasar Gen Z

Amelia Yesidora
25 September 2024, 18:07
Logo Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, TikTok
Momentum Works
Logo Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, TikTok

Ringkasan

  • TikTok Shop dan Shopee diidentifikasi sebagai platform e-commerce favorit bagi generasi Z berdasarkan riset Nielsen, melayani preferensi mereka terhadap harga yang ekonomis, produk menarik, serta proses pembelian yang mudah dan nyaman.
  • Riset tersebut mengungkapkan bahwa generasi Z memiliki volume transaksi tertinggi di e-commerce, walaupun nilai transaksinya relatif kecil, namun diperkirakan akan melampaui nilai transaksi generasi baby boomer di tahun 2029 karena meningkatnya angka pekerjaan di kalangan gen Z.
  • Selain dari Nielsen, survei dari Litbang Kompas juga menunjukkan dominasi Shopee sebagai platform pilihan utama lintas generasi di Indonesia, menggarisbawahi kepopuleran Shopee di berbagai segmen usia dari survei yang melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi.
! Ringkasan ini dihasilkan dengan menggunakan AI
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

TikTok Shop dan Shopee menjadi platform e-commerce yang paling sering digunakan oleh generasi Z atau gen Z, menurut riset Nielsen.

Gen Z adalah istilah untuk masyarakat berusia 18 - 25 tahun. Sementara itu, milenial atau Gen Y berusia 26 - 35 tahun, Gen X 36 - 45 tahun, dan baby boomer 46 - 55 tahun.

Direktur NielsenIQ Indonesia Rusdy Sumantri tidak memerinci persentase ataupun porsinya. Akan tetapi, ia membandingkan penggunaan platform e-commerce berdasarkan jumlah balok dengan tanda hati atau love seperti gambar di bawah ini.

Porsi penggunaan platform e-commerce menurut segmen usia menurut riset Nielsen
Porsi penggunaan platform e-commerce menurut segmen usia menurut riset Nielsen (Katadata/Amel)

Gambar tersebut menunjukkan bahwa gen Z lebih banyak yang memilih Shopee dan TikTok Shop.

“Gen Z lebih senang harga murah, produk menarik, serta prosesnya mudah, nyaman, dan praktis,” kata Rusdy dalam acara 'E-commerce Expo' di ICE BSD, Banten, Rabu (25/9).

Survei bertajuk 'Nielsen Clicks 2022–2023' itu berdasarkan survei terhadap 4.022 responden pada 2022 dan 4.127 orang tahun lalu.

Rusdy menambahkan volume transaksi gen Z di e-commerce merupakan yang terbanyak. Namun dari sisi nilai masih kecil, yakni Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Meski begitu, Nielsen memperkirakan nilai transaksi gen Z di e-commerce akan melampaui Boomers pada 2029 secara global. Ini lantaran hampir separuh gen Z punya pekerjaan dan jumlahnya bakal melampaui Boomers.

Nielsen memperkirakan gen Z berkontribusi 30% lapangan kerja global pada 2030.

Sementara itu, riset Litbang Kompas juga menunjukkan Shopee menjadi pilihan utama untuk segala usia. Rinciannya sebagai berikut:

Porsi penggunaan platform e-commerce menurut survei Litbang Kompas
Porsi penggunaan platform e-commerce menurut survei Litbang Kompas (Katadata/Kamila Meilina)

Data itu tertuang dalam laporan Kompas berjudul 'Recent Trends in Shopping Behavior' atas hasil survei terhadap 1.200 responden di 38 provinsi di Indonesia, dengan rentang usia 17 – 65 tahun selama 27 Mei - 7 Juni.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Amelia Yesidora, Kamila Meilina

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...