Survei KIC: Gen Z dan Milenial Pakai Paylater untuk Belanja Busana
Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi menunjukkan, metode pembayaran paylater atau beli sekarang bayar kemudian mulai menjadi pilihan generasi atau gen Z dan milenial. Produk yang dibeli yakni busana, pulsa, dan gadget.
Berdasarkan survei terhadap 5.204 responden, dompet digital seperti GoPay, OVO, ShopeePay, DANA dan LinkAja, menjadi pilihan utama untuk pembayaran yakni 67,8%. Disusul oleh ATM bank (51,1%) dan rekening bank konvensional (38,1%).
“Rekening bank digital digunakan oleh 24,3% responden,” demikian isi laporan bertajuk Perilaku Keuangan Gen Z dan Y, Kamis (13/1). Rincian angkanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:
Responden yang disurvei tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021. Responden mayoritas Gen Z dan Gen Y. Sebanyak 55% Gen Y, 32,5% Gen Z, 12% Gen X, dan 0,5% Baby Boomer.
Gen Z merupakan generasi yang lahir pada 1995 – 2010. Sedangkan generasi Y atau biasa disebut milenial, lahir sekitar 1980 - 1995.
Laporan tersebut menunjukkan, 13,8% responden pernah menggunakan fasilitas kredit dan paylater. Secara rinci 16,5% milenail sempat memakai layanan ini. Sedangkan gen Z hanya 9,7%.
Sebanyak 49% generasi millenial menggunakan kredit atau paylater untuk membeli ponsel pintar (smartphone). Lalu fashion (46,4%), pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).
Sedangkan mayoritas (61%) sen Z menggunakan kredit atau paylater untuk membeli kebutuhan fashion. Selain itu, pulsa (56,6%), gadget, dan elektronik.
“Pada Gen Z, selain fashion, tampaknya kebutuhkan komunikasi menjadi prioritas dan paling banyak menyedot keuangan. Ini terlihat dari uraian kebutuhan rutin bulanan generasi ini,” ujar Manajer Riset KIC Vivi Zabkie.
[Baca Survei Lengkap KIC di sini: https://zigi.id/perilakukeuangangenz]
Riset Dailysocial bertajuk Fintech Report 2021: The Convergence of (Digital) Financial Services menunjukkan, Spaylater atau dikenal Shopee Paylater memimpin. Persentase jumlah penggunanya 78,4% dari total responden 509.
Disusul oleh GoPaylater (33,8%), Kredivo (23,2%), Akulaku (20,4%), Traveloka Paylater (8,6%), Indodana (3,3%), Home Credit (2,8%), dan lainnya (0,4%).
Shopee Paylater juga menjadi platform yang paling dikenal. Rincian datanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:
“Shopee Paylater memperluas popularitas dalam setahun terakhir berkat promo merchant yang agresif. Platform ini pun melampaui pemain incumbent seperti GoPayLater, Kredivo, Akulaku, dan Traveloka Paylater,” demikian isi laporan Dailysocial.