Kredivo Catat Transaksi PayLater Naik 14% Dua Minggu Jelang Lebaran

Lenny Septiani
13 April 2023, 09:17
kredivo, paylater, ramadan, lebaran
Dok Kredivo
Aplikasi Kredivo.

Kredivo mencatat total nilai transaksi Paylater meningkat sebesar 14% selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum Ramadan. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023.

Kredivo mengungkapkan bahwa peningkatan penggunaan Paylater oleh masyarakat tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo.

VP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari menyatakan bahwa tahun ini menjadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah 3 tahun, sehingga perusahaan optimistis tren belanja masyarakat selama Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk mengakomodir hal ini, “kami terus memperluas jaringan dan layanan kredit digital kami yang saat ini telah dapat digunakan di ribuan merchant online dan offline di berbagai kota di Indonesia,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (13/4). Selain itu, menghadirkan promo untuk masyarakat.

Selama Ramadan 2022 lalu, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55%, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31% dibandingkan Ramadan 2021. Hal tersebut dinilai sebagai tanda positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi.

Dalam dua minggu Ramadan tahun ini, Kredivo mencatat beberapa tren belanja masyarakat, diantaranya:

  • Kategori produk dengan transaksi tertinggi masyarakat yakni pada kategori produk home & living. Dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.
  • Transaksi gadget & electronics meningkat hingga 14% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023 dan diprediksi terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang Lebaran. Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid. Selain itu, Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran.
  • Nilai transaksi kategori travel hingga minggu kedua Ramadan, meningkat sebesar 12% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan

Indina mengatakan tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti Paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan Paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Lebaran.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...