Kylie Jenner Jadi Selebgram Terkaya Dunia
Media sosial seperti Instagram bisa mendatangkan uang bila digunakan dengan tepat. Banyaknya brand yang beriklan lewat Instagram bisa membuat para influencer kaya raya. Instagram bahkan memiliki sebutan tersendiri bagi para selebritis yang lahir dari platform-nya; selebgram.
Tahun ini, Kylie Jenner tercatat sebagai selebgram terkaya dunia. Perusahaan konsultan marketing Hopper HQ menyebut, Instagram adik bungsu Kim Kardashian itu bisa mendapatkan hingga US$ 1 juta atau sekitar 14,4 miliar sekali posting.
Kylie yang memiliki 111 juta pengikut di Instagram juga baru dinobatkan sebagai anak muda terkaya oleh majalah Forbes. Di usia 21 tahun, kekayaan Kylie ditaksir mencapai US$ 900 juta atau sekitar Rp 12,95 triliun berkat bisnis kosmetik.
Kylie yang selalu menyukai make up menyatakan bahwa media sosial merupakan bagian penting dalam pengembangan bisnisnya. “Saya telah bekerja keras memperkenalkan produk saya ke pasar, selalu terhubung dengan penggemar dan menciptakan produk sesuai keinginan pasar," kata Kylie dalam sebuah wawancara dengan Forbes, dua pekan lalu.
(Baca juga: Bisnis Serba Digital (4): Bagaimana Strategi Monetasinya?)
Setelah Kylie, Selena Gomez menduduki peringkat kedua selebgram terkaya tahun ini. Untuk setiap kali unggahannya, Selena yang punya 139 juta pengikut mendapat bayaran hingga US$ 800 ribu atau Rp 11,5 miliar.
Cristiano Ronaldo ada di peringkat ketiga dengan bayaran US$ 750 ribu atau Rp 10,8 miliar per unggahan. Kemudian pada posisi keempat ada Kim Kardashian dengan US$ 720 ribu atau Rp 10,4 miliar dan Beyonce menduduki posisi kelima dengan bayaran bayaran US$ 700 ribu atau Rp 10 miliar.
Daftar selebgram terkaya ini dirilis Hopper HQ dari data publik dan wawancara yang menentukan nilai setiap unggahan di media sosial. Nilai setiap unggahan ditentukan dari berapa banyak merek yang dipromosikan, jumlah unggahan, hingga daftar pengikut.