Pengguna Naik Hampir 4 Kali saat Pandemi, Kredit Lewat OVO Meroket 50%

Desy Setyowati
5 Juni 2020, 13:30
Pengguna Naik Hampir 4 Kali saat Pandemi, Kredit Lewat OVO Meroket 50%
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi OVO

Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran OVO mencatatkan, jumlah pengguna baru meningkat hampir empat kali lipat atau 267% selama pandemi corona. Pembayaran untuk e-commerce dan pencairan pinjaman melonjak.

Rinciannya, pembayaran untuk e-commerce tumbuh 110%, pinjaman 50%, dan pesan-antar makanan 15%. Sebagaimana diketahui, OVO bekerja sama dengan Grab terkait layanan pembayaran.

Sedangkan layanan pinjaman atau cicilan (paylater) disediakan oleh fintech pembiayaan (lending) Taralite. “Kami melihat bahwa konsumen beralih ke kebiasaan belanja secara online dan mengadopsi metode pembayaran tanpa uang tunai untuk membeli kebutuhan penting,” ujar CEO OVO Jason Thompson dalam wawancara khusus dengan wartawan Kr-Asia Khamila Mulia, dikutip dari Kr-Asia, Jumat (5/6).

(Baca: Lebaran Saat Pandemi, Transaksi OVO, LinkAja & Shopee Pay Melonjak)

Ia menilai, masyarakat di banyak negara menuju digitalisasi bisnis dan adopsi digital. “Kami percaya perubahan ini cenderung permanen,” kata dia. Selain itu, menurutnya kemitraan merupakan kunci jelang memasuki fase normal baru (new normal) atau tatanan kebiasaan baru.

Pada tahun ini, perusahaan pun berfokus memperkenalkan lebih banyak penawaran asuransi dan investasi bagi konsumen. Hal ini untuk memperkuat proposisi OVO untuk menyediakan rangkaian layanan keuangan yang komprehensif.

Awal tahun ini, OVO bekerja sama dengan Bareksa dan Prudential Indonesia. “Kami akan menyampaikan lebih banyak hal untuk dibagikan pada produk-produk ini, jelang peluncuran,” ujar Jason.

Taralite, fintech yang diakuisisi OVO pada tahun lalu juga sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Dengan dukungan dari OVO, memungkinkan kami menjangkau pasar yang selama ini tidak terlayani, termasuk mereka yang unbanked dan underbanked,” kata Direktur Utama Taralite, Sharly Rungkat dalam siaran pers, kemarin (5/6).

(Baca: Transaksi OVO Melesat selama Pandemi, Terbanyak dari E-Commerce)

Perusahaan mengklaim, layanan PayLater di OVO, secara langsung melayani 96% orang Indonesia yang tidak memiliki akses ke kredit konsumen yang melakukan transaksi ritel. Berdasarkan riset DailySocial, PayLater OVO merupakan yang paling banyak digunakan pada tahun lalu, sebagaimana terlihat pada Databoks di bawah ini.

Pada awal tahun ini, Taralite juga memperkenalkan DanaTara sebagai pengelolaan arus kas dan solusi tambahan modal usaha hingga Rp 500 juta bagi pelaku UMKM Indonesia. Status pengajuan diproses dalam satu hingga tiga hari kerja, sementara tenor pinjamannya sampai dengan 12 bulan.

Saat ini, layanan Taralite tersedia bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam platform e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan Bukalapak. Pinjaman yang disalurkan Taralite tumbuh 50% sejak awal tahun ini, dengan 500 ribu pegiat UMKM telah tergabung dalam ekosistem OVO. 

(Baca: Bertambah 8 Perusahaan, 33 Fintech Lending Dapat Izin OJK)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...