Pendapatan Naik 20 Kali, GoFood Milik Gojek Luncurkan Dua Fitur Baru

Desy Setyowati
30 Juli 2021, 13:48
GoFood, gojek,
gojek
Gojek mendistribusikan paket makan gratis kepada mitra pengemudi lewat belasan ribu merchant GoFood.

GoFood mencatatkan pertumbuhan pendapatan 20 kali lipat dalam empat tahun terakhir. Bagian dari Gojek ini pun meluncurkan dua fitur baru, di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4.

VP Corporate Affairs Food and Groceries Gojek Rosel Lavina tidak memerinci peningkatan transaksi selama PPKM level 4, maupun sejak PPKM darurat pada 3 Juli. Ia hanya menyampaikan bahwa pendapatan GoFood meningkat 20 kali lipat selama empat tahun terakhir.

Sedangkan Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo menyampaikan, GoFood tumbuh sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan online. Perusahaan juga terus memperluas peran menjadi platform pencarian hingga pengiriman kuliner (discovery and delivery).

“Teknologi  yang berbasis personalisasi mempermudah pelanggan memanfaatkan GoFood sebagai destinasi untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman di seluruh Indonesia,” kata Catherine dalam siaran pers, Jumat (30/7).

Di tengah PPKM level 4 ini, bagian dari Gojek itu pun meluncurkan dua fitur anyar. Kedua fitur baru GoFood itu yakni:

1. Ulasan pelanggan (review)

Ini dapat diisi langsung oleh pelanggan setelah memesan GoFood. Semua ulasan akan ditampilkan di halaman masing-masing resto supaya dapat dilihat oleh pelanggan lain sebagai tambahan sumber referensi.

Mitra penjual (merchant) juga bisa menanggapi ulasan di bagian ‘komentar’ melalui aplikasi GoBiz. Dengan begitu, mereka bisa menyampaikan evaluasi, apresiasi, maupun klarifikasi.

Gojek juga menggelar kompetisi ulasan mulai awal Agustus (1/8).

2. Banner rekomendasi kategori restor terpopuler dan lagi disuka GoFoodies

Catherine mengatakan, fitur ini untuk mendorong banyak merchant lebih sering muncul di aplikasi, terutama UMKM setempat. Pelanggan dapat mengeksplorasi resto UMKM berdasarkan peringkat, banyaknya pemesanan, perolehan ‘likes’ atau yang paling disukai, serta lokasi terdekat.

Ia menyampaikan, daftar resto UMKM yang tampil tersebut dipersonalisasi berdasarkan wilayah pelanggan. Daftarnya diperbaharui secara rutin.

“Dua fitur ini menjadi cerminan komitmen GoFood untuk terus berinovasi. Tdak hanya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, namun juga terus mendukung UMKM, terutama selama pandemi,” kata dia.

Sebelumnya Chief Public Policy & Government Relations Gojek, Shinto Nugroho juga menyampaikan bahwa layanan pesan-antar makanan akan menjadi andalan masyarakat saat PPKM darurat. “GoFood tetap beroperasi untuk melayani warga sesuai peraturan yang berlaku," ujar dia saat konferensi pers virtual, tiga pekan lalu (2/7).

Perusahaan pun menyiapkan berbagai strategi, salah satunya promo untuk menarik konsumen. "Kami dorong lewat promo," ujar Shinto.

GoFood menawarkan promo terbaru bertajuk "Pasti Ada Promo" sejak 23 Juni hingga 3 Agustus. Ini berupa diskon hingga Rp 110 ribu.

Gojek juga memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir), hasil kerja sama dengan Kementerian Pertanian. Lewat promo itu, pengguna tidak perlu pergi ke pasar saat PPKM. Sebab, kebutuhan pokok bisa dipenuhi di toko tani melalui GoFood.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...