Shopee PHK, Grab Kini Sangat Hati-hati Merekrut Pegawai

Desy Setyowati
26 September 2022, 11:03
grab, shopee, phk
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Pengemudi ojek daring kendaraan listrik GrabElectric menunggu calon pengguna di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Shopee mengumumkan pemutusan hubungan kerja atau PHK di Indonesia pada pekan lalu (19/9). Grab pun berhati-hati merekrut pekerja karena khawatir terhadap ancaman resesi.

“Grab khawatir akan resesi global. Sangat berhati-hati dan bijaksana tentang perekrutan apa pun,” kata Chief Operating Officer Alex Hungate dikutip dari Reuters, Senin (26/9).

Advertisement

Selain itu, Grab mengekang ambisinya di layanan keuangan. “Hasilnya, Grab tidak sampai pada titik ‘putus asa’ sampai harus menghentikan sementara perekrutan atau PHK,” tambah dia.

Dia bercerita, Grab melakukan reorganisasi khusus selama sekitar enam bulan. Decacorn Singapura ini berfokus merekrut karyawan di bidang data science, teknologi pemetaan, dan bidang khusus lainnya.

“Meskipun setiap perekrutan adalah keputusan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya,” kata Pria berusia 56 tahun itu. "Anda ingin memastikan bahwa kami menghemat modal. Tantangan dalam merekrut pasti meningkat."

Grab yang berusia satu dekade memiliki sekitar 8.800 staf pada akhir tahun lalu. Perusahaan yang telah melantai di bursa saham New York ini mengalami peningkatan transaksi, terutama pada layanan pesan-antar makanan selama pandemi corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement