Traveloka dan Tiket.com Ungkap Tren Tujuan Wisata Natal dan Tahun Baru

Lenny Septiani
22 Desember 2022, 16:12
bali, korea selatan, tiket.com, traveloka, natal dan tahun baru
Freepik
Ilustrasi, pemandangan malam kota Seoul, Korea Selatan.

Traveloka dan Tiket.com mencatatkan pertumbuhan transaksi menjelang Natal dan Tahun Baru. Kedua startup penyedia layanan wisata alias online travel agent (OTA) ini pun mengungkapkan destinasi wisata favorit selama libur akhir tahun.

“Tiket.com melihat peningkatan signifikan dalam jumlah booking untuk seluruh lini produk, mulai dari transportasi, akomodasi hingga berbagai aktivitas,” kata Public Relation Sr. Manager Tiket.com Sandra Darmosumarto kepada Katadata.co.id, Rabu (21/12).

Destinasi wisata domestik yang paling banyak dituju oleh konsumen Tiket.com yakni:

  1. Bali
  2. Medan
  3. Makassar
  4. Padang
  5. Surabaya

Sedangkan tujuan wisata internasional yang paling diminati di antaranya:

  1. Singapura
  2. Malaysia
  3. Jepang
  4. Thailand
  5. Korea Selatan

Tiket.com memberikan promosi menjelang Natal dan Tahun Baru, seperti Diskon Tanggal Muda (DTM) hingga besok (23/12).

Traveloka juga mengungkapkan destinasi wisata favorit konsumen selama libur Natal dan Tahun Baru. Datanya tak jauh berbeda dengan Tiket.com.

Tujuan wisata favorit di domestik yakni:

  1. Bali
  2. Medan
  3. Surabaya
  4. Makassar
  5. Jakarta

Sedangkan destinasi wisata internasional di antaranya:

  1. Singapura
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Jepang
  5. Korea Selatan

CMO of Traveloka Shirley Lesmana menyampaikan, animo masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke luar Asia Tenggara seperti Australia dan Amerika Serikat, meningkat.

Menurutnya, pelonggaran kebijakan pembatasan wilayah terkait Covid-19 di beberapa negara dan vaksinasi mendorong minat berwisata. "Terutama dalam menyambut momen libur akhir tahun," katanya kepada Katadata.co.id.

Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, pergerakan mobilitas masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 22,4% dari jumlah penduduk Indonesia atau setara 60,6 juta orang.

Shirley juga mengungkapkan perubahan perilaku konsumen terkait pemesanan akomodasi. Mereka cenderung mempertimbangkan beberapa kriteria sebelum menginap, seperti:

  • Pemandangan indah
  • Lokasi dekat dengan pusat perbelanjaan dan atraksi wisata
  • Memiliki kolam renang
  • Fasilitas kamar memadai

Sedangkan tipe akomodasi yang diminati pada akhir tahun ini, yaitu:

  • Apartemen
  • Guest house
  • Homestay
  • Resort
  • Vila

"Konsumen cenderung memesan kebutuhan perjalanan dalam waktu singkat (short-booking window)," ujar Shirley. "Kami berusaha memastikan konsumen dapat merencanakan dan menjalani perjalanan liburan akhir tahun dengan mudah dan nyaman.”

Oleh karena itu, Traveloka menyediakan:

  • Solusi produk dan layanan yang menyeluruh
  • Jaminan layanan berkualitas dan fitur-fitur untuk meningkatkan kenyamanan konsumen
  • Best value deals atau ketersediaan harga-harga yang menguntungkan bagi para konsumen melalui ragam program promosi

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...