Strategi GoJek 2023, Pengembangan Machine Learning hingga Fitur Baru

Lenny Septiani
28 Februari 2023, 19:39
Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo (tengah) dalam diskusi media bertajuk Gojek Outlook 2023 di kantor Gojek, Selasa (28/2/2023).
Katadata/Lenny
Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo (tengah) dalam diskusi media bertajuk Gojek Outlook 2023 di kantor Gojek, Selasa (28/2/2023).

Unit bisnis on-demand service PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Gojek, membagikan tiga strategi yang disiapkan perusahaan untuk 2023. Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan tiga strategi tersebut yakni inovasi teknologi, pengembangan variasi produk, dan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang.

Chatherine mengatakan perubahan perilaku konsumen setelah melandainya kasus Covid-19 pada 2022 menjadi tantangan tersendiri bagi layanan unit bisnis on-demand service Gojek. "Namun, di satu sisi, juga menjadi kesempatan bagi Gojek untuk terus berinovasi menjawab kebutuhan pelanggan," kata Catherine dalam diskusi media bertajuk Gojek Outlook 2023 di kantor Gojek, Selasa (28/2).

Strategi tersebut meliputi transportasi, pesan-antar makanan, dan pengiriman logistik. "(Pascapandemi) menjadi kesempatan bagi Gojek untuk terus berinovasi menjawab kebutuhan pelanggan," kata Catherine.

Menurut dia, inovasi yang tepat sasaran dan tetap relevan menjawab kebutuhan pengguna ekosistem membawa bisnis on-demand services Gojek mencetak kontribusi margin positif per September 2022. Pendapatan bruto di kuartal ketiga tahun 2022 tumbuh 31% secara year-on-year.

Tiga strategi utama Gojek tersebut meliputi:

1. Inovasi teknologi

a. Layanan pesan antar makanan
- Machine learning : untuk rekomendasi makanan dan promo tepat sasaran
- Aksesibilitas : perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering)
- Jadwalin pesanan GoFood

b. Fitur transportasi
- fitur Alokasi Prioritas
- promo GoPay Coins tepat sasaran

c. Layanan logistik
- fitur estimasi ongkir GoSend
- fitur draft order
- fitur penjadwalan pesanan GoBox

2. Pengembangan variasi produk

- fitur Mode Hemat GoFood : memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan
- ekspansi GoTransit untuk mempermudah mobilitas multi-moda,
- layanan premium seperti GoCar Luxe dan GoRide XL
- layanan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg

3. Dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang

- inisiatif seperti pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas
- mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner
- untuk mitra usaha kuliner, Gojek menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)
- untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend serta ragam program menarik agar produk seller semakin dilirik pelanggan

Tiga strategi tersebut, kata Catherine, bertujuan agar para mitra dapat memberikan layanan terbaik dan andal bagi para pelanggan. "Sehingga dapat memberikan dampak sosial-ekonomi bagi para mitra," kata dia.

Ia menyatakan Gojek percaya bahwa ketiga strategi tersebut dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.

Catherine menjelaskan hal ini sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth).

Gojek yakin dapat mendukung langkah GoTo mencapai akselerasi target profitabilitasnya yaitu EBITDA yang disesuaikan menjadi positif di kuartal empat tahun ini.


Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...