Startup Kini Kejar Untung atau Rugi Tapi dengan 2 Syarat

Lenny Septiani
15 Maret 2023, 13:50
startup, bakar uang
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Warga mengamati aplikasi-aplikasi startup yang dapat diunduh melalui telepon pintar di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Startup dinilai berfokus mengejar untung atau membiarkan rugi tapi dengan dua syarat, yakni memiliki product market fit (PMF) yang benar dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai profit.

Co-founder sekaligus CEO Modalku Reynold Wijaya menyampaikan, kebanyakan startup melakukan bakar uang atau promosi besar-besaran pada awalnya. “Konteksnya bukan berapa banyak uang yang dibakar,” kata Reynold dalam acara Fortune Indonesia Summit 2023, Rabu (15/3).

Bakar uang itu bertujuan menggaet lebih banyak konsumen. “Perlu investasi di depan, kalau tidak, tidak bisa tumbuh. Perlu merugi tapi ada dua fungsi utama,” tambah dia

Sekalipun startup merugi, investor mendorong perusahaan rintisan menetapkan dua hal yakni:

1. Harus memiliki product market fit yang benar

Product Plan mendefinisikan product-market fit sebagai konsep atau skenario ketika para pelanggan suatu perusahaan mau membeli, menggunakan, dan menyebarkan informasi tentang suatu produk.

Jika itu terjadi pada banyak pelanggan suatu bisnis, maka akan mampu mendukung pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Profesor Thomas R Eisenmann dari Harvard Business School mengungkapkan, 90% startup gagal karena produk/layanan yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...