Penyebab Startup Warung GoTo dan yang Didukung Jeff Bezos Tutup

Lenny Septiani
5 Desember 2023, 12:37
Goto, startup warung, jeff bezos, startup tutup,
Facebook
GoToko

Perusahaan patungan GoTo Gojek Tokopedia dan Unilever, GoToko menutup layanan pada Mei. Disusul oleh startup yang didukung oleh Jeff Bezos yakni Ula pada Oktober.

“Kami sedang mengevaluasi kualitas jasa untuk persiapan inovasi. Maka, semua operasional pengiriman dan pemesanan berhenti sementara per 1 Oktober,” kata Ula melalui Instagram pada September.

Advertisement

Startup Ula selama ini menyasar pemilik warung atau UMKM dengan menyediakan layanan:

  • Membeli barang FMCG untuk stok
  • Memantau ketersediaan produk
  • Memperbanyak opsi pembayaran bagi penjual

FMCG atau fast moving consumer goods adalah produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari seperti minuman ringan, kosmetik perawatan tubuh, dan barang kelontong.

Startup Ula memutuskan untuk keluar dari bisnis distribusi FMCG tersebut. “Kami memulai perjalanan Ula dengan mimpi mengubah perdagangan Business to Business atau B2B,” kata perusahaan.

“Saat dunia bergulat dengan dampak Covid, kami menciptakan platform distribusi komprehensif untuk mengirimkan barang kebutuhan sehari-hari ketika penyedia lain tidak menentu atau tak tersedia,” Ula menambahkan.

Upaya tersebut awalnya membuahkan hasil. “Namun kini, kami harus mengkalibrasi ulang fokus terhadap keberlanjutan ekonomi jangka panjang,” kata Ula.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement