Cerita Ibu Rumah Tangga Jadi Momfluencer Raup Belasan Juta Per bulan


Digitalisasi bisa membuka peluang ekonomi bagi ibu rumah tangga, seperti Shanty asal Cikarang. Ia meraup penghasilan hingga belasan juta per bulan, melalui kegiatan komunitas pemengaruh ibu rumah tangga alias momfluencer IbuSibuk.
“Bergabung dengan IbuSibuk dan aktif berpartisipasi di Creator Cuan membuka mata saya bahwa menjadi afiliator merupakan profesi yang sangat menjanjikan,” kata Shanty, dikutip dari keterangan pers, Kamis (13/2).
Keterlibatannya dalam komunitas IbuSibuk membuat dirinya memahami potensi profesi afiliator. “Berkat program Creator Cuan, saya bisa bekerja sama dengan puluhan brand ternama dan menghasilkan rata-rata Rp 5 juta, bahkan belasan juta rupiah per bulan,” katanya.
Menurut dia, program IbuSibuk membantu dalam meningkatkan pendapatan secara signifikan. Sebab, membukakan akses baginya untuk bisa bekerja sama dengan puluhan brand ternama.
Momfluencer adalah istilah untuk ibu yang berperan sebagai pemengaruh alias influencer di media sosial, khususnya dalam membagikan konten seputar parenting, keluarga, gaya hidup, dan berbagai topik lain yang relevan dengan kehidupan ibu-ibu.
Sementara itu, IbuSibuk adalah komunitas pemberdayaan ekonomi digital bagi para ibu yang berperan sebagai momfluencer. Program ini didirikan oleh startup e-commerce enabler SIRCLO untuk membantu ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan tambahan melalui aktivitas afiliasi dan pembuatan konten digital.
Melalui IbuSibuk, para peserta mendapatkan pelatihan seputar strategi pemasaran digital, keterampilan konten kreatif hingga teknik monetisasi media sosial. Salah satu program yakni Creator Cuan, membantu sejumlah momfluencer meraih penghasilan hingga belasan juta rupiah per bulan lewat kerja sama dengan berbagai brand.
Hasil riset yang dilakukan SIRCLO terhadap 1.209 responden di 94 kota dan kabupaten di Indonesia menunjukkan dampak dari program SWIFT Hub dan IbuSibuk, sebagai berikut:
- 30% pengguna SWIFT Hub mencatatkan peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat
- 50% responden berhasil merambah kanal penjualan online baru. Dari mereka yang berekspansi, lebih dari setengahnya kini mengelola setidaknya tiga kanal penjualan tambahan untuk memperluas jangkauan pasar.
- Panen Omset, program unggulan SWIFT Hub yang berfokus pada digitalisasi dan implementasi bisnis berkelanjutan ini mencatatkan 30% peserta mengalami kenaikan transaksi 10 kali lipat.
- Hampir seluruh momfluencers yang tergabung dalam IbuSibuk mencatat peningkatan pendapatan hingga 2 kali lipat.
- 2 dari 3 anggota IbuSibuk, turut berkontribusi terhadap total pendapatan keluarga
hingga 20% - Creator Cuan membantu 8 dari 10 peserta meraup penghasilan tambahan hingga Rp 10 juta per bulan
- Program pelatihan, seperti 30 Days Challenge dan Training, membekali momfluencers dengan keterampilan relevan. Sebanyak 86% peserta menilai video editing sebagai keterampilan paling penting dalam pembuatan konten.
SWIFT Hub menyediakan solusi yang berfokus pada order dan inventory management software.
“Kami percaya pertumbuhan ekonomi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga kolaborasi dan keterlibatan aktif dari semua pihak. Kepercayaan dan dukungan dari para mitra emerging brands dan momfluencertelah menjadi faktor penting dalam perjalanan ini,” kata Founder and CEO SIRCLO Brian Marshal, dalam siaran pers, Kamis (13/2).