New Normal, Kafe di Korsel Gunakan Robot untuk Layani Pelanggan

Cindy Mutia Annur
26 Mei 2020, 13:13
HEALTH-CORONAVIRUS/TOKYO-MEDICAL FACILITIES
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/pras/dj

Sebuah kafe di Daejon, Korea Selatan menggunakan robot untuk melayani pelanggannya. Ini dilakukan sebagai upaya jaga jarak fisik dalam penerapan normal baru atau new normal pandemi virus corona.  

Robot barista tersebut tak hanya mampu membuat dan menyajikan kopi, tetapi juga mampu bersikap sopan dan sigap melayani pelanggan. "Ini teh latte Rooibos almond Anda, silakan menikmati. Teh latte ini akan lebih baik jika Anda mengaduknya," ujar robot itu saat mengantarkan minuman ke pelanggan dikutip dari Metro, Minggu (25/5). 

Pelanggan lantas meraih minuman di atas nampan yang terpasang di dalam perangkat komputer besar berbentuk kapsul berwarna putih.

Virus corona sempat menginfeksi lebih dari 11 ribu orang dan menewaskan 267 orang di Korea Selatan. Namun, Negeri Gingseng ini berhasil menekan penyebaran pandemi tersebut dan kini mulai menerapkan skenario kehidupan normal baru atau new normal dengan jaga jarak fisik. 

(Baca: Latvia jadi Negara Pertama Pengguna Alat Deteksi Corona Google & Apple)

Director of Research Vision Semicon Lee Dong-bae sekaligus pengembang robot barista ini mengatakan bahwa keberadaan robot dapat membantu orang mengamati dan menerapkan social distancing. "Sistem kami tidak memerlukan input manual mulai dari pemesanan hingga pengiriman dan meja-meja di kafe disusun berjarak untuk memastikan kelancaran pergerakan robot," ujar Dong-bae.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...