Sempat Down, Bug ChatGPT Bocorkan Data Kartu Kredit hingga Email

Lenny Septiani
27 Maret 2023, 16:53
ChatGPT
Urdu Technology
ChatGPT

ChatGPT sempat down dan dikabarkan mengalami masalah karena bug atau celah keamanan. Bug ini membuat data pribadi pengguna seperti kartu kredit, histori percakapan, nama, dan email bocor.

CEO OpenAI, pengembang ChatGPT, Sam Altman menyampaikan bug itu membuat beberapa pengguna bisa melihat judul percakapan pengguna lain.

Advertisement

“Bug tersebut sekarang telah ditambal,” kata OpenAI di laman resmi, Jumat (24/3). “Kami dapat memulihkan layanan ChatGPT dan fitur riwayat obrolannya, dengan pengecualian riwayat beberapa jam.”

Setelah penyelidikan mendalam, OpenAI menemukan bahwa bug yang sama mungkin telah menyebabkan visibilitas informasi terkait pembayaran yang tidak disengaja dari 1,2% pelanggan ChatGPT Plus yang aktif selama sembilan jam. Tepatnya beberapa jam sebelum ChatGPT down pada Senin (20/3).

Perusahaan menyatakan jumlah pengguna yang data bocor sangat sedikit. Untuk memastikan informasi ini, pelanggan ChatGPT Plus harus melakukan beberapa langkah:

1. Buka email konfirmasi berlangganan yang dikirim pada Senin (20/3) antara pukul 01.00 dan 10.00 waktu Pasifik. Sebab, bug ini membuat beberapa email konfirmasi berlangganan.

“Email ini berisi empat digit terakhir dari nomor kartu kredit pengguna lain, tetapi nomor lengkap kartu kredit tidak muncul,” katanya.

Ada kemungkinan bahwa sejumlah kecil email konfirmasi langganan salah alamat sebelum 20 Maret. Namun, “kami belum mengonfirmasi hal ini,” ujarnya.

2. Klik ‘Akun saya’ di ChatGPT, lalu "Kelola langganan saya" antara pukul 01.00 dan 10.00 waktu Pasifik pada Senin (20/3).

Selama waktu ini, nama depan dan belakang pengguna ChatGPT Plus lainnya, alamat email, alamat pembayaran, empat digit terakhir (hanya) nomor kartu kredit, dan tanggal kedaluwarsa kartu kredit mungkin sudah terlihat. 

“Kemungkinan ini juga bisa terjadi sebelum 20 Maret, meskipun kami belum mengonfirmasi hal ini,” katanya.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement