Telkom Tepis Bjorka Soal Dugaan Jutaan Data Pelanggan IndiHome Bocor

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 Juli 2023, 21:20
IndiHome, telkom, bjorka
Twitter/@indihome
Logo IndiHome

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menepis kabar 35 juta data pengguna IndiHome yang diretas oleh hacker Bjorka. Telkom juga menjelaskan strategi mereka untuk mencegah peretasan. 

Pernyataan ini disampaikan oleh SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza saat Press Conference Digiland 2023. Reza optimistis IndiHome sebagai salah satu grup Telkom dan pusat basis konektivitas di Indonesia tidak akan menjadi sasaran peretas. 

"Sampai saat ini tidak ada kebocoran data dari pelanggan IndiHome, hingga saat ini," katanya saat ditemui wartawan, Kamis (6/7). 

Reza juga menjelaskan beberapa strategi perusahaan untuk mengamankan data para pelanggan IndiHome. Pertama, memperbaharui sistem keamanan  data-data para pelanggan. 

Kedua, menyimpan data-data penting terkait pelanggan di sistem yang berbeda. "Karena ini mitigasi di kita untuk menjaga data tersebut," katanya. 

Reza mengatakan Telkom telah memeriksa data pelanggan yang bocor. Menurutnya, terdapat kejanggalan dalam beberapa data. "Bisa kami bilang itu bukan data kami," ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...