Perbandingan Internet Operator Seluler, Siapa Punya Jangkauan Terluas?

Lavinda
Oleh Lavinda
27 Juli 2023, 09:14
operator seluler
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Sejumlah teknisi melakukan pemasangan instalasi perangkat Mobile Base Transceiver Station (MBTS) di area Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).

Pengguna internet seringkali bingung menentukan operator seluler yang dapat memenuhi kebutuhan, terutama ketika pergi ke wilayah terpencil. 

Di Indonesia, terdapat lima operator telekomunikasi antara lain, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri.

Advertisement

Beberapa waktu lalu, Opensignal menerbitkan laporan terbaru bertajuk 'Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia pada Juni 2023'. Opensginal merupakan standar global independen untuk analisis pengalaman seluler konsumen.

Berdasarkan hasil laporan Opensignal, operator yang memberikan pengalaman jangkauan internet seluler terluas ialah Telkomsel dengan skor 8,9 poin pada skala poin 1-10. Diikuti oleh Indosat dan Tri yang masing-masing memiliki skor 4,9 poin. Selanjutnya, XL Axiata 4,6 poin, dan Smartfren 2,3 poin.

Dalam hal ketersediaan internet seluler, Smartfren pengalaman terbaik karena para pengguna terus menghabiskan proporsi waktu tertinggi untuk terhubung ke sinyal seluler dengan rata-rata 98,5%. Sementara tri, Indosat, dan XL Axiata berbagi tempat posisi kedua dengan skor identik sebesar 96,3%. Telkomsel berada di peringkat terbawah dengan rata-rata 94,8%.

Indosat memenangkan penghargaan kualitas konsisten, dengan skor 61,5%. Ini menunjukkan bahwa para pengguna Indosat mendapat proporsi-proporsi pengujian terbesar yang memenuhi batas-batas minimum untuk mendukung aplikasi-aplikasi seluler yang umumnya digunakan yang lebih menuntut.

Telkomsel di posisi kedua dengan skor 60,6%, diikuti oleh XL 59,3% dan Tri 58,2%. Smartfren berada pada posisi terakhir dengan 34,1%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement