Perbandingan Kecepatan Internet di Indonesia dan Starlink Elon Musk

Desy Setyowati
28 Agustus 2023, 06:30
elon musk, kecepatan internet, Starlink
Instagram/@Starlink_satellites
Logo Starlink

Layanan internet Starlink milik Elon Musk mulai digunakan di Indonesia. Berikut perbandingan kecepatan internet Starlink dan operator seluler di Indonesia.

Sebelumnya Presiden direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan pemerintah harus menjadi katalis dan memastikan keberlanjutan bisnis industri telekomunikasi.

Advertisement

“Playing field kurang seimbang. Barangkali menjaga sustainability sudah sangat sulit,” kata Dian dalam sesi diskusi acara detikcom Leaders Forum: Arah Industri Telekomunikasi Indonesia di Jakarta, Kamis (24/8).

Ia menilai kehadiran pemain internasional seperti Elon Musk di Indonesia dapat menciptakan ketidakadilan bisnis.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memang berencana menyediakan akses internet di bagian timur Indonesia dengan Starlink. Luhut menekankan layanan ini akan menyasar desa terpencil dan tertinggal.

"Kami melihat banyak sekali desa-desa yang tidak bisa dicapai oleh jaringan internet. Oleh karena itu, kami sepakat dengan Elon Musk untuk Starlink masuk di Indonesia timur," kata Luhut di akun resmi media sosial yang dikutip dua pekan lalu (15/8).

Luhut menyampaikan salah satu pertimbangan pemerintah yakni biaya layanan Starlink yang relatif lebih rendah.

Ia menjelaskan rendahnya biaya layanan Starlink disebabkan oleh teknologi yang digunakan, yakni satelit orbit rendah. Starlink milik Elon Musk disebut memiliki sekitar 60 ribu satelit kecil yang ada di orbit rendah.

Selain itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Elon Musk di Amerika Serikat untuk menjajaki potensi kerja sama terkait Starlink.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement