Luhut: Starlink Milik Elon Musk Sediakan Internet di Indonesia Timur

Andi M. Arief
15 Agustus 2023, 10:26
Luhut Gandeng Elon Musk
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto udara pekerja memeriksa menara BTS (Base Transceiver Station) di KM 36 Jalan Semoi Sepaku, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). P

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana menyediakan akses internet di bagian timur Indonesia dengan Starlink. Luhut menekankan layanan tersebut akan dirasakan oleh desa-desa terpencil dan tertinggal.

"Kami lihat banyak sekali desa-desa yang tidak bisa dicapai oleh jaringan internet. Oleh karena itu, kami sepakat dengan Elon untuk Starlink masuk di Indonesia timur," kata Luhut di akun resmi media sosialnya yang dikutip Selasa (15/8).

Starlink merupakan jaringan internet milik SpaceX yang dipimpin oleh Elon Musk. Luhut menyampaikan salah satu pertimbangan penggunaan Starlink adalah karena biaya layanannya yang relatif lebih rendah. 

Luhut menjelaskan rendahnya biaya layanan Starlink disebabkan teknologi yang digunakan, yakni satelit orbit rendah. Luhut menghitung Starlink memiliki sekitar 60.000 satelit kecil yang ada di orbit rendah saat ini.

Luhut menjelaskan telah melaporkan rencana menggandeng perusahaan milik Elon Musk tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Namun Luhut tidak menjelaskan lebih lanjut respon Jokowi terkait rencana tersebut. 

Sebagai tindak lanjut kerjasama, Luhut mengatakan telah menjadwalkan penandatanganan kesepakatan itu dengan Elon pada Oktober 2023. Menurut Luhut Elon akan datang ke dalam negeri untuk meneken dokumen kerja sama.

Menkes Juga Ajak Elon Musk Kerja Sama 

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga telah mengungkapkan rencana untuk menggandeng Elon Musk. Budi menjelaskan telah menggelar pertemuan dengan Elon untuk menyampaikan niat menghubungkan seluruh puskesmas di dalam negeri. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...