TikTok Luncurkan Akun Artis, Apa Itu dan Fungsinya?

Lenny Septiani
4 Desember 2023, 11:46
TikTok, fitur baru TikTok,
Unsplash
TikTok

TikTok meluncurkan akun artis yang memungkinkan selebritas menjangkau lebih banyak penggemar baru. Selain itu, terdapat beberapa fitur baru terkait konten musik.

“Dapatkan akun Artis bersama kami untuk meningkatkan karier bermusik Anda,” demikian dikutip dari laman resmi TikTok, Senin (4/12).

Advertisement

Label ‘Artis’ pada profil TikTok memungkinkan pengguna memverifikasi status mereka sebagai musisi. Sementara itu, label ‘New Release’ memungkinkan musisi menyoroti lagu-lagu baru hingga dua minggu sebelum dirilis dan sebulan setelahnya. 

Para artis juga dapat menggunakan label itu untuk menyorot lagu baru pada halaman pencarian katalog suara. 

The Verge melaporkan, Boyband asal Korea Selatan BTS telah menguji coba fitur tersebut pada musim panas. Mereka menggunakannya untuk mempromosikan single berjudul Take Two.

"Dengan adanya Akun Artis, kami dapat memberdayakan para artis lebih jauh lagi dengan menyediakan alat yang mereka butuhkan untuk mencapai level yang lebih tinggi di TikTok," ujar Kepala Global Kemitraan dan Pemrograman Musik di TikTok Paul Hourican dalam siaran pers, dikutip dari The Verge akhir pekan lalu (30/11).

TikTok juga menambahkan beberapa fitur baru terkait konten musik, di antaranya:

  1. Music tab: mengkurasi katalog untuk para artis dan secara otomatis menambahkan musik baru.
  2. Behind the Song: menawarkan para penggemar sekilas tentang proses kreatif artis misalnya, mengungkapkan apa yang menginspirasi lagu itu dan cerita di baliknya.
  3. Add To Music App atau Tambahkan ke aplikasi Musik: memungkinkan pengguna menyimpan lagu-lagu TikTok ke daftar putar Spotify, Apple Music, atau Amazon Music.

"Bersamaan dengan fitur-fitur baru ini, kami menilai dapat memperdalam keterlibatan sekaligus menciptakan peluang unik bagi para penggemar untuk terhubung dengan artis favorit mereka, dengan cara yang bermakna dan mendorong penemuan musik di platform,” kata dia.

Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement