Chat WhatsApp Tak Perlu Lagi Nomor HP, Bisa Pakai Username Bak Medsos

Desy Setyowati
8 Desember 2023, 11:07
WhatsApp,
Katadata
Cara Melaporkan Penipuan Online Via WhatsApp

WhatsApp disebut-sebut terus mengembangkan tools yang memungkinkan pengguna menemukan pengguna lain bukan melalui nomor HP atau telepon, melainkan username atau nama akun seperti media sosial.

“Konsep tersebut untuk memberikan alternatif bagi pengguna menemukan pengguna lain, selain membagikan nomor telepon,” demikian dikutip dari WABetainfo, Rabu (6/12).

Advertisement

WABetainfo menyampaikan, fitur itu muncul pada WhatsApp beta versi 2.23.25.19 untuk Android. Namun belum bisa digunakan.

Berdasarkan pembaruan aplikasi tersebut, terpantau WhatsApp telah memasukkan fungsi pencarian atau search khusus untuk nama pengguna. Ini berbeda dari nama WhatsApp yang digunakan selama ini.

“Dengan fitur baru ini, pengguna cukup mengetik nama akun di bilah pencarian, maka profil akan muncul,” demikian dikutip.

Pengembangan fitur bertujuan meningkatkan perlindungan privasi pengguna, dengan tidak membagikan nomor telepon pribadi. Namun belum ada kejelasan soal kapan fitur ini bakal diluncurkan.

Telegram lebih dulu menawarkan fungsi pencarian nama akun pengguna. Namun WhatsApp memungkinkan pengguna mengatur siapa yang dapat memulai komunikasi melalui username.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement