Telkom Luncurkan Satelit Merah Putih 2 di AS, Investasi Rp 3,5 Triliun

Lenny Septiani
21 Februari 2024, 11:19
Satelit Merah Putih 2, telkom,
Telkom
Satelit Merah Putih 2
Button AI Summarize

Telkom Indonesia dan anak usaha yakni Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 WIB. Investasi yang digelontorkan Rp 3,5 triliun.

“Investasi total sistem dari satelit sampai ground segmen sekitar Rp 3,5 triliun,” kata Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf dalam acara Press Conference Satelit Merah Putih 2, Rabu (21/2).

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus pertama milik Telkom Group yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite alias HTS yang juga dikenal dengan broadband satelit.

Satelit itu diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX milik Elon Musk, dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur.

Satelit Merah Putih 2 memiliki kapasitas hingga 32 Gbps. Satelit ini membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band yang akan menjangkau seluruh area Indonesia. 

Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit itu diharapkan dapat menjadi satelit HTS paling andal di Indonesia dengan dukungan kombinasi kedua frekuensi.

Frekuensi C-Band adalah frekuensi yang memiliki performa paling baik terhadap curah hujan. 

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...