TikTok Dikabarkan Segera Saingi Traveloka dan Tiket.com
TikTok dikabarkan merambah bisnis pariwisata digital atau online travel agent (OTA) di Indonesia dan Thailand. Perusahaan asal Cina ini akan bersaing dengan Traveloka dan Tiket.com.
Hal itu diketahui dari laporan media lokal Cina 36Kr. Para pemilik restoran dan pedagang di Thailand dan Indonesia diarahkan untuk bergabung ke fitur ‘layanan lokal TikTok’.
Di situs rekrutmen resmi TikTok, terdapat hampir 30 lowongan terkait bisnis layanan lokal di Singapura, Jakarta, dan Bangkok.
TikTok juga berencana terjun ke bisnis rekreasi. “Layanan ini memungkinkan pengguna memperoleh voucer pembelian tiket pesawat dan hotel yang disediakan oleh penyedia layanan pihak ketiga,” kata sumber yang berbasis di Indonesia dikutip dari South China Morning Post, akhir pekan lalu (12/7).
TikTok mengatakan dalam pernyataan kepada South China Morning Post pada Jumat bahwa operasional layanan lokal di Thailand dan Indonesia masih dalam tahap pengujian.
Sumber menambahkan, hanya sedikit pengguna di Thailand dan Indonesia yang dapat melihat penawaran layanan lokal dari pedagang di feed TikTok, berdasarkan algoritme rekomendasi aplikasi.
Katadata.co.id mengonfirmasi hal itu kepada perwakilan TikTok di Indonesia, namun belum ada tanggapan.
Di Indonesia, TikTok berinvestasi US$ 1,5 miliar di Tokopedia pada akhir tahun lalu.
TikTOK mengambil alih saham 75% Tokopedia dari GoTo Gojek Tokopedia pada akhir tahun lalu. GoTo mempertahankan kepemilikan 24,99% saham.
Sebagai bagian dari kemitraan strategis, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.
Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.