Kreator Facebook Kini Bisa Monetisasi Konten Lewat Fitur Story

Ringkasan
- Barito Renewables Energy (BREN) mengakuisisi PT UPC Sidrap Bayu Energy, yang akan menambah kapasitas pembangkit listrik tenaga angin sebesar 320 Mega Watt.
- Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) menargetkan penyelesaian akuisisi saham PT Petrosea Tbk (PTRO) dan PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) dari Grup Indika Energy pada kuartal pertama 2024.
- Kedua emiten tersebut diketahui terafiliasi dengan konglomerat Prajogo Pangestu dan melakukan aksi korporasi dalam skala besar meskipun usianya tergolong masih muda di bursa saham.

Facebook resmi meluncurkan fitur monetisasi Facebook Story sehingga kreator berpotensi mendapatkan penghasilan dari cerita publik yang mereka bagikan. Fitur ini tersedia secara global bagi kreator yang telah tergabung dalam program Monetisasi Konten Facebook.
Dengan fitur baru ini, kreator dapat memperoleh uang dari konten yang sudah mereka buat dengan membagikannya ke Story. Misalnya, kreator bisa mengunggah cuplikan video resep atau Reel ke Story mereka. Selain itu, monetisasi juga berlaku untuk Story yang berisi momen kehidupan sehari-hari.
Dikutip dari Techcrunch (13/3), Facebook menyatakan pembayaran dari Story bergantung pada kinerja konten, tanpa syarat jumlah tayangan tertentu untuk mulai menghasilkan pendapatan. Langkah ini disebutnya memberikan aliran pendapatan tambahan bagi kreator dan mendorong mereka untuk lebih aktif membuat konten di platform.
Peluncuran fitur ini juga digadang menjadi bagian dari strategi Meta untuk menarik kreator dari TikTok ke Facebook dan Instagram dengan berbagai insentif seperti bonus uang tunai, kesepakatan konten, dan dukungan komunitas.
Bagi kreator yang telah mengaktifkan monetisasi dalam program Monetisasi Konten Facebook, tidak diperlukan langkah tambahan untuk mulai memonetisasi Story.
Monetisasi Facebook adalah proses di mana kreator atau pemilik Halaman di Facebook dapat menghasilkan pendapatan melalui konten yang mereka bagikan di platform tersebut.
Sebelumnya, program ini pertama kali diluncurkan tahun lalu dengan menggabungkan Iklan In-stream, Iklan di Reels, dan Bonus Kinerja dalam satu sistem. Setelah diuji coba pada peserta beta, fitur monetisasi Story kini tersedia bagi semua kreator dalam program tersebut.
Pada 2024, Facebook mengundang jutaan kreator untuk bergabung dalam program Monetisasi Konten dan berencana membuka pendaftaran secara luas dalam waktu dekat. Kreator yang belum tergabung dalam program dapat mendaftarkan minatnya melalui situs resmi Facebook.
Meta sebelumnya mengungkapkan bahwa kreator telah menghasilkan lebih dari US$ 2 miliar di Facebook pada tahun 2024, dengan pembayaran untuk Reels dan video pendek lainnya meningkat lebih dari 80%. Sejak peluang monetisasi diperkenalkan pada 2017, lebih dari 4 juta kreator telah menerima pembayaran dari Facebook.