Perkuat UMKM, Telkom Jembatani Budaya Lokal dan Transformasi Digital

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Publikasi Katadata
19 April 2025, 15:16
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Indonesia Ahmad Reza
Katadata
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Indonesia Ahmad Reza
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Indonesia Ahmad Reza mengatakan, Telkom berkomitmen mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas sembari menjaga budaya lokal.

Hal ini diutarakan Reza di sela-sela perhelatan Adeging Mangkunegaran ke-268 di kota Solo, Jumat (18/4).

Menurut Reza, antara budaya lokal dan transformasi digital bisa beriringan dan bahkan dapat menjadi nilai tambah tersendiri. Ia berujar, budaya adalah identitas, sedangkan teknologi merupakan alat, dan perpaduan keduanya mencerminkan bagaimana masa lalu dijaga untuk menata masa depan.

“Budaya lokal itu customized sekali, sangat banyak, dan tersebar. Kami mencoba bagaimana meng-encourage UMKM yang ada saat ini dalam bentuk mengangkat budaya lokal,” kata Reza Jumat (18/4).

Dengan sudut pandang itu, pelaku UMKM perlu melihat budaya dan teknologi sebagai peluang untuk memperkuat daya saing. Ambil contoh seperti UMKM kuliner lokal yang perlu mengadopsi teknologi digital untuk menghadapi tantangan usaha di masa mendatang yang lebih rumit.

“Itulah yang sangat challenging, bagaimana UMKM bisa beralih dari manual menjadi digital,” ujar Reza.

Bagi Reza, peluang UMKM untuk berkembang masih terbuka lebar. Mengutip data dari Kadin, Reza berujar, pada 2023 ada sekitar 66 juta UMKM di Indonesia, tapi baru sekitar 26 persen yang memiliki kekuatan dari segi digitalisasi. Padahal, kontribusi UMKM terhadap PDB lebih dari 50 persen.

Oleh karena itu, Reza menambahkan, Telkom juga akan fokus memperkuat sisi digital dari UMKM. Saat ini Telkom telah memiliki sejumlah inisiatif yang berfokus memperkuat pelaku UMKM, termasuk yang berbasis budaya lokal.

Dalam berbagai kesempatan, ujar Reza, Telkom mengadakan coaching session untuk UMKM. Saat ini ada sekitar 84.921 UMKM binaan Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Telkom juga telah memberikan pelatihan agar UMKM bisa memanfaatkan penggunaan artificial intelligence (AI) ke depan.

“Tahun lalu. Telkom juga telah memfasilitasi program sertifikasi halal kepada lebih dari 1.600 UMKM yang sangat relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia,” ujar Reza.

Tantangan terbesarnya menurut Reza adalah mengimplementasikan teknologi sekaligus konektivitas digital dalam operasional UMKM. Karena itu, Reza berharap akan ada lebih banyak platform dan sistem yang dapat memfasilitasi UMKM berkembang lebih cepat dan berdaya saing global.

“Bagaimana UMKM bisa belajar melalui teknologi, dan bagaimana nanti mereka bisa mengakses konektivitas dan mengutilisasi teknologinya,” pungkas Reza.

Adapun, Adeging Mangkunegaran merupakan peringatan hari berdirinya Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Pada tahun ini, Pura Mangkunegaran memperingati hari jadi yang ke-268 dan menggelar berbagai acara yang sejalan dengan nilai-nilai kebudayaan.

Dalam rangka peringatan ulang tahun (Adeging) ke-268, Pura Mangkunegaran bekerjasama dengan Katadata dan Yayasan DNC akan menggelar berbagai aktivitas, mulai lomba lari Mangkunegaran Run, Royal Dinner, Festival musik dan makanan Laras Hati.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...