Indahnya Wisata Religi Masjid Terapung di Sumbar

Masjid Samudera Ilahi berada di bibir laut, sehingga terlihat seperti terapung di atas laut.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
9 April 2021, 13:00
Foto Pilhan Pekan I Januari 2020
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sebagai umat islam, masjid lazimnya menjadi tempat ternyaman untuk menunaikan ibadah khususnya salat. Beribadah di masjid rasanya menjadi semakin kondusif manakala bangunan tempat ibadah ini tidak hanya strategis tetapi juga estetik.

Dua poin itu melekat pada sebuah masjid di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Pasalnya, masjid ini berdiri kokoh nan unik karena tampak mengapung di tepi laut. Masjid Samudera Ilahi, namanya.

 Letak masjid tersebut berada di bibir laut, sehingga terlihat seperti terapung di atas laut. Peresmian masjid Samudera Ilahi baru dilangsungkan pada  8 Februari 2021. Meskipun, terbilang baru tetapi keberadaannya mampu menyedot perhatian masyarakat.

Masjid Samudera Ilahi dikabarkan bakal menjadi ikon wisata halal baru di Sumbar. Selain sebagai pusat perkembangan agama Islam, Masjid Samudera Ilahi juga mampu menjadi pusat informasi kebudayaan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Berdasarkan penjelasan dari Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Masjid Samudera Ilahi dibangun di atas lahan dengan luas 1.795 meter persegi. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun masjid nan megah di pinggir laut tersebut mencapai Rp 27,5 miliar.

Hendrajoni juga mengutarakan, Masjid Samudera Ilahi mampu menampung jamaah sebanyak 300 orang. Masjid ini juga memiliki selasar, dua menara dengan tinggi 32 meter serta taman. Dengan total jamaah sebanyak itu maka bisa dipastikan masjid ini dapat menampung banyak massa.

Pada Maret 2021, puluhan bus pariwisata, puluhan minibus serta ratusan sepeda motor terlihat memadati ruang parkir di kawasan Masjid Samudra Ilahi. Saking ramainya, lahan parkir yang disediakan tak mampu menampung kendaraan pengunjung, sehingga ada kendaraan yang parkir di jalan, depan warung warga hingga lahan perkebunan warga.

Masjid Samudera Ilahi tak hanya menyuguhkan eksotisme bangunan dan pemandangan alam sekitar, tetapi juga memungkinkan pengunjung bersantai. Masyarakat yang datang berkunjung bisa singgah pula di deretan gerobak kaki lima untuk mencari penawar dahaga atau makanan ringan. Begitu adzan berkumandang, para pengunjung segera masuk ke Masjid Samudra Ilahi untuk menunaikan salat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait