Aplikasi Penunjang Selama Ramadan 2021

Sebagian aplikasi ada yang memiliki fitur lengkap, mulai jadwal imsak, sholat, hingga informasi seputar Ramadan lainnya.
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
5 April 2021, 16:50
IKTIKAF JELANG AKHIR RAMADHAN
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pras.

Bulan suci Ramadan 2021 akan segera tiba. Puasa diperkirakan akan dimulai pada 13 April mendatang. Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi, kini tersedia sejumlah aplikasi untuk ponsel pintar yang dapat mendukung sekaligus memudahkan ibadah Ramadan kita.

Katadata merangkumkan untuk Anda, beberapa tipe aplikasi gawai seputar ibadah Ramadan yang bisa diunduh dengan mudah. Informasi ini tidak hanya berlaku bagi pengguna Android tetapi juga iOS. Apa saja? Simak, berikut ini :

 1. Aplikasi Jadwal Imsakiyah

Kebutuhan atas informasi tentang imsakiyah dibutuhkan umat muslim yang menjalankan puasa Ramadan. Waktu imsak biasanya digunakan sebagai pengingat untuk mempersiapkan diri dengan menyudahi makan sahur sebelum azan subuh dikumandangkan. Biasanya, selisih waktu antara waktu imsak dengan azan subuh sekitar sepuluh menit 

2. Aplikasi Waktu Sholat

Selain jadwal imsak, lazimnya umat muslim juga membutuhkan informasi jadwal sholat. Tentunya, seiring kemajuan teknologi komunikasi, kini banyak beredar aplikasi-aplikasi yang memuat jadwal sholat. Bahkan,aplikasi tersebut disertai fitur pengingat khusus yang akan berbunyi ketika waktu sholat tiba.

3. Aplikasi yang memuat serba-serbi informasi seputar Ramadan

Opsi lain ialah mengunduh aplikasi Ramadan sapu jagad. Dengan kata lain, di dalam aplikasi bersangkutan tidak hanya menyediakan informasi imsakiyah tetapi juga mencakup jadwal sholat. Tak hanya itu, fitur lain juga disediakan misalnya kalender Hijriah, penunjuk arah kiblat, bahkan Al-Qur’an terjemahan. Sebagian aplikasi Ramadan juga ada yang menyediakan informasi hingga soal sebaran rumah makan halal, misalnya.

Dan seperti masyarakat ketahui, Ramadan tahun ini belum banyak berubah dibandingkan dengan 2020. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum berlalu. Oleh karena itu, imbauan pemerintah melalui Satgas Covid-19 pada Ramadan tahun lalu rasanya tetap relevan.

Ya, umat Islam tetap diimbau agar lebih banyak menghabiskan waktu di rumah termasuk dalam urusan beribadah, baik sholat lima waktu maupun tarawih. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Walaupun sebagai umat Islam, kita menyadari betapa penting dan mulianya berada di masjid tetapi dalam kondisi pandemi seperti sekarang, wajib hukumnya untuk berada dan beribadah di rumah sementara waktu. Kualitas ibadah takkan berkurang karena seorang muslim menjalankan ibadah di rumah, sebab yang lebih mendasar ialah keikhlasan, kekhusyuan, dan kesucian jiwa saat beribadah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait