Lima Hal untuk Jalani Ramadan Berkualitas

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
9 April 2021, 19:35
SHALAT IDUL ADHA DI MASJID RAYA BANDUNG
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Puasa Ramadan merupakan ibadah yang membutuhkan fisik, mental dan spritual dalam keadaan kondusif. Praktis di bulan ini, seorang muslim akan lebih khusyuk beribadah, tentunya bukan hanya berpuasa menahan lapar dan haus saja.

Sebelum menjalankan puasa, terdapat sejumlah hal yang perlu dipersiapkan agar rangkaian ibadah Anda berkualitas dan berkesan. Setidaknya terdapat lima hal yang perlu disiapkan untuk menyambut bulan puasa 2021.

1. Berhemat dalam keuangan

Sejatinya, ibadah puasa bertujuan untuk menekan hawa nafsu manusia ke titik terendah agar dapat lebih dekat dengan Tuhan. Kita diminta untuk tidak makan dan minum pada siang hari dan memperbanyak ibadah. Selain itu, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat juga diimbau agar mengurangi aktivitas keluar rumah. Idealnya, kondisi sepert ini bisa membantu menekan biaya hidup harian.

Namun tak bisa dipungkiri, yang terjadi mungkin malah sebaliknya. Makna Ramadan dilekatkan kepada ekstra anggaran sehari-hari, sebab menu buka puasa tampil lebih mewah dan banyak dibandingkan dengan hari biasa. Oleh karena itu, kecenderungan sepert ini perlu disikapi dengan bijak. Pada masa pandemi maka berhemat adalah pilihan tepat. Pasalnya, berbuka puasa dengan menu sepantasnya justru berpeluang lebih mendekatkan kita kepada esensi puasa.

 2. Perlengkapan ibadah yang fresh

Di beberapa wilayah di Indonesia telah diperbolehkan menjalankan ibadah salat tarawih di masjid dengan protokol kesehatan. Ini kesempatan bagus melepas kerinduan beribadah tarawih setelah tahun lalu banyak dari kita tak bisa pergi ke Masjid karena pandemi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...