Wisata Religi ke Masjid Instagramable di Semarang

Masjid Safinatun Najah namanya, dan berbentuk seperti kapal Nabi Nuh.
Image title
12 April 2021, 18:00
PERCANTIK KUBAH MASJID RAYA PASE ACEH
ANTARA FOTO/Rahmad/foc.

Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata religi yang sebagian besarnya berupa masjid. Selain nyaman, wisata religi masjid memiliki daya tarik tersendiri, entah terkait sejarah berdirinya, warisan budaya yang melekat pada arsitektur masjid, atau filosofi bangunan.

 

Apabila masjid-masjid peninggalan Wali Songo biasanya menyiasakan keunikan terakti sejarahnya, berbeda dengan masjib satu ini. Masjid Safinatun Najah namanya, berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

 

Pasalnya, Safinatun Najah dibangun pada 2015. Ini merupakan salah satu masjid unik yang ada di nusantara. Keunikannya terletak pada bangunan yang berbentuk seperti kapal Nabi Nuh.

 

Oleh karena itu, Masjid Safinatun Najah menjadi salah satu tempat instragramable di Semarang yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Selain bisa merasakan beribadah di dalam “kapal”, pengunjung juga dapat tempat unik untuk swafoto. Masjib ini memang sempat viral dan menjadi perbincangan netizen.

 

Selain bentuknya yang mirip kapal, letak masjid yang terletak di tengah kolam memberi keunikan tambahan tersendiri, karena masjid nampak seperti mengapung. Selain itu, di sekeliling bangunan masjid terdapat hamparan sawah. Hal ini juga menawarkan pemandangan antimainstream. Angin sepoi-sepoi layaknya di pantai juga terasa tatkala mengunjungi Safinatun Najah.

 

Terdapat empat lantai di Masjid Safinatun Najah. Lantai pertama berisikan macam-macam fasilitas umum seperti aula, tempat wudhu serta toilet. Tentu fasilitas ini bisa digunakan oleh pengunjung. Meski fasilitasnya tak jauh beda dengan masjid pada umumnya, desain yang ada menjadi daya tarik tersendiri.

 

Sementara itu, tempat sholat untuk pengunjung ada di lantai kedua. Dan di lantai tiga terdapat perpustakaan, dan lantai empat merupakan area rooftop yang cocok digunakan untuk menikmati pemandangan area sekitar masjid.

 

Letak Safinatun Najah berada cukup jauh dari pusat kota Semarang. Ini menjadikan masjid ini sebagai tempat yang pas untuk ngabuburit saat bulan puasa. Berada di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, membuat lingkungan masjid begitu tenang dari hiruk pikuk perkotaan. Untuk dapat masuk ke dalamnya, pengunjung dikenakan biaya Rp 3.000.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait