Mie Glosor, Kuliner Ramadan dari Bogor

Nama ‘glosor’ artinya perosotan, ini menggambarkan teksturnya yang licin sehingga mudah ditelan.
Image title
14 April 2021, 18:37
MONITORING NASABAH UMKM MANDIRI SYARIAH
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Beberapa menu takjil ibarat menu spesial Ramadan, atau dengan kata lain sulit ditemui pada hari-hari biasa. Contohnya adalah Mie Glosor yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Saat bulan puasa tiba, Mie Glosor tetiba jadi banyak dijajakan di sepanjang jalanan Kota Bogor.

Ya, mayoritas warga Bogor menyajikan Mie Glosor sebagai makanan wajib untuk berbuka puasa. Alhasil, omset penjualan Mie Glosor meningkat sangat pesat saat Ramadan. Kuliner ini sudah muncul di Bogor sejak 1990-an awal.

Sebagai kuliner legendaris dari Kota Hujan, asal muasal Mie Glosor sebetulnya bukan dari Bogor melainkan Sukabumi. Namun seiring berjalannya waktu, Mie Glosor semakin terkenal dan banyak diminati masyarakat Kota Bogor.

 

 

Sekilas dibaca, nama mie ini cukup unik didengar, Mie Glosor. Ternyata nama tersebut berasal dari kata ‘Glosor’ yang artinya perosotan. Hal itu menggambarkan tekstur dari sajian ini, yakni sangat licin sehingga mudah dikunyah. Bahkan Mie Glosor juga bisa ditelan langsung tanpa dikunyah, dan langsung mengalir dengan lancarnya di tenggorokan.

Pada umumnya, mie dibuat dari tepung terigu, namun tidak dengan Mie Glosor. Mie Glosor dibuat dari tepung singkong atau aci yang dicampur dengan kunyit sehingga menghasilkan tekstur licin. Tampilan Mie Glosor juga berbeda dengan mie pada umumnya, yaitu bernuansa kuning terang dan berbentuk lurus. Jika mie pada umumnya memiliki gelombang, tidak dengan Mie Glosor.

Mie Glosor banyak dijual dalam keadaan mentah, sehingga para pembeli harus memasaknya terlebih dahulu. Tetapi tak sedikit juga yang menjual Mie Glosor dalam keadaan sudah matang. Hal ini dapat ditemui di pasar takjil atau kedai-kedai pinggiran Kota Bogor. Mie Glosor memiliki cita rasa gurih, kenyal, dan lembut. Hal tersebut member kelezatan tersendiri bagi para penikmatnya.

Penyajian Mie Glosor lebih nikmat dengan sambal kacang dan gorengan. Ada juga kerupuk sagu berukuran besar yang menjadi pelengkap di setiap sajiannya. Mie Glosor juga bisa dibuat kreasi lain, salah satunya sebagai kue sagu atau pempek.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait