Pesona Kiswah Ka’bah di Masjid Namira Lamongan

Image title
16 April 2021, 15:42
HEALTH-CORONAVIRUS/RAMADAN-SAUDI
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /aww/cf

Wisata religi merupakan kegiatan yang tak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagi umat Islam, wisata religi bisa dilakukan dengan mengunjungi masjid atau berziarah ke makam orang-orang salih.

Bicara tentang masjid, salah satu masjid yang dijadikan wisata religi adalah Masjid Namira di Lamongan, Jawa Timur. Rumah ibadah umat muslim ini merupakan salah satu yang sempat viral di media sosial.

Masjid Namira terletak di Jl. Raya Mantup, Lamongan KM 5 atau lebih tepatnya berada di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Lamongan, Jawa Timur. Tak hanya warga Lamongan dan sekitarnya, banyak pula pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Masjid Namira dibangun oleh pasangan Helmy Riza dan Eny Yuli Arifah. Sepintas lalu, Masjid Namira Lamongan tidak jauh berbeda dengan masjid-masjid besar lain di Indonesia. Yang membedakan ialah keunikan interior dan tempat wudhunya.

Bagian tersebut tampak asri dengan keindahan yang terjaga. Hal unik lain terdapat pada tempat imam memimpin sholat, yakni terdapat kiswah ka’bah di sana. Kiswah yang merupakan kain penutup ka’bah tersebut asli didatangkan dari Masjidil Haram, Arab Saudi.

Kiswah yang ada tentu yang sudah tidak dipakai di Masjidil Haram. Kain ini melekat di dinding mihrab imam. Adanya kaca tebal yang melindungi kiswah tersebut membuatnya terlihat kokoh. Kiswah lain yang dipotong lebih kecil terbingkai rapi pada dinding masjid, tepatnya di sebelah kanan dan kiri mihrab.

Sementara itu, pada jalan menuju tempat wudhu, ada kulkas yang berisi air mineral dalam kemasan gelas. Takmir masjid juga menyediakan air mineral kemasan dalam kardus di sebelah kulkas, hal ini diperuntukkan bagi jamaah yang tidak suka air dingin. Jamaah yang kehausan bisa meminum air mineral tersebut secara gratis.

Selain itu, Masjid Namira Lamongan juga menyediakan beberapa kursi roda, yang bisa dipinjam secara gratis oleh jamaah yang membutuhkan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...